Apakah anda sudah punya meja b e l a j a r ? A t a u m u n g k i n sebuah tempat dimana Anda biasa meletakkan keperluan sehari-hari Anda? Nah, kadang beberapa waktu sekali k i t a m e m e r i k s a , m e r a p i k a n d a n membuang benda-benda yang tidak kita perlukan di atasnya dengan tujuan untuk menata kembali supaya bersih dan indah dipandang mata. Bukankah hidup kita lebih layak diperlakukan seperti itu? Kadang-kadang ada hal yang harus kita periksa ulang, rapikan kembali dan buang jauh-jauh apabila tidak berguna. Tulisan kecil ini mengajak para pembaca, khususnya sahabat-sahabat saya yang ada di redaksi Bulletin LAMURI dan Sydney.Com, untuk duduk sejenak memikirkan apa yang sudah kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya dan apa yang seharusnya kita lakukan di tahun-tahun yang akan datang Penting nggak sih memikirkan itu semua? Bagi saya pribadi hal tersebut sangat penting. Sebagaimana Umar bin Khattab, Khalifah Ar-Rasyidin ke-II dan Sahabat Nabi SAW yang tergolong Assaabiquun Al-Awwaluun (golongan yang pertama-tama sekali masuk Islam) pernah berpesan, “Haasibuu anfusakum qabla an tuhaasabuu” (hitung-hitunglah dirimu sebelum kamu dihitung oleh orang lain). O l e h k a r e n a i t u , k i t a p e r l u memikirkan bagaimana caranya menjadi lebih baik di tahun selanjutnya dan meninggalkan kebiasaan buruk di tahun sebelumnya. 

Nah, alangkah baiknya kalau dalam membuat resolusi atau rancangan tahun baru itu kita menyatukan 3H, yaitu Heart (Hati, yaitu adanya keinginan yang kuat untuk melakukan kebaikan), Head (Kepala, yaitu menyiapkan rencana yang b a i k ) d a n H a n d ( T a n g a n , y a i t u melaksanakan dengan baik rencana yang sudah disiapkan). Kira-kira apa yang perlu kita rencanakan? Sebagai permulaan, saya menawarkan supaya kita membuat Daftar Yes dan Daftar No di tahun baru 2013 ini. Maksudnya apa? Daftar Yes adalah hal-hal yang boleh kita kerjakan sebagai upaya untuk meningkatkan kebaikan, mulai dari kebaikan untuk diri sendiri sampai aktivitas yang mempunyai manfaat untuk orang banyak. Sementara Daftar No adalah halhal yang tidak boleh kita lakukan, baik dari k e b i a s a a n - k e b i a s a a n l a m a y a n g seharusnya kita tinggalkan sampai p e r b u a t a n - p e r b u a t a n b u r u k y a n g seharusnya tidak kita kerjakan. 

Adapun 10 Daftar Yes yang patut kita pertimbangkan adalah: 1) Membaca Al Qur'an sampai khatam sebulan sekali, 2) Menjaga shalat jama'ah setiap waktu, 3) Puasa sunat Senin-Kamis, 4) Bershadaqah dan membantu faqir miskin sesuai kesanggupan, 5) Menjaga kesehatan dengan makan makanan yang baik dan olah raga secara teratur, 6) Menambah ilmu dengan membaca dan menulis setiap hari, 7) Senantiasa jujur dalam segala hal, 8) Menebarkan senyum dan ramah dengan sesama, 9) Hemat dan belanja sesuai keperluan, dan 10) Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan hidup mandiri. Sementara 10 Daftar No yang tidak boleh kita kerjakan adalah: 1) Merokok dan minum minuman haram, 2) Bermalasmalasan dan tidak berusaha apa-apa, 3) D u r h a k a k e p a d a I b u B a p a k , 4 ) Memutuskan hubungan kerabat, 5) Biasa berdusta dan mengingkari janji, 6) Sombong dan riya dalam beramal, 7) Mengganggu tetangga dan menyakiti orang lain, 8) Berpikiran negatif terhadap orang lain, 9) Mencuri dan makan riba, dan 1 0 ) M e n y e m b u n y i k a n i l m u d a n membantah kebenaran. Nah, apa Daftar Yes dan Daftar No Anda? Ingatlah bahwa hidup ini terlalu singkat untuk mengurusi hal-hal kecil. Oleh karena itu buatlah prioritas apa-apa yang seharusnya kita kerjakan serta timbanglah untung ruginya. Ayo sahabat, sama-sama k i t a m e m p e r b a i k i d i r i s e b e l u m memperbaiki orang lain. Jangan sampai nanti menyesal mengapa tidak beramal baik lebih banyak lagi, dan jangan sampai nanti menyesal mengapa terlalu banyak beramal jelek. Mari kita buka lembaran baru hidup kita kemudian menghiasinya dengan hal-hal baik dan indah-indah. (Sinyeu: 06.01.2013/2.39 p.m.)
SHARE :
 
Top