Lamurionline.com-Banda Aceh. Haflah Qur’an yang menghadirkan Qari dari Mesir Syeikh Muhammed Abu Laila disambut antusias warga kota Banda Aceh, Sabtu (01/10) malam di Lapangan Blang Padang. Kegiatan haflah yang diadakan Pemerintah Kota Banda Aceh ini dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah. 

Keesokan harinya juga digelar pawai peringatan 1 Muharram yang diikuti oleh para pelajar tingkat PAUD dan TK, SD, SMP, serta SMA sederajat se-Kota Banda Aceh. Beragam mobil hias pun ikut menyemarakkan iring-iringan pawai yang mengambil start dan finish di Lapangan Blang Padang ini. Pelepasan pawai dilakukan oleh Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Bahagia bersama para Asisten, Staf Ahli Wali Kota, Kepala SKPK dan Kabag di lingkungan Setdako Band Aceh, serta sejumlah anggota DPRK Banda Aceh 

Sementara rute yang dilalui peserta pawai antara lain Jalan Sultan Iskandar Muda, Simpang Jam, Pendopo Gubernur Aceh, Jalan Sultan Mahmudsyah, Jalan Diponegoro, Simpang Lima, Jalan Tgk Daud Beureueh, dan Jalan Pocut Baren. 

Selain Qari dari Mesir, acara yang mengambil tema "Dengan Momentum Muharram Kita Refleksi Kembali Makna Hidup Bersama Al-Quran" ini juga menghadirkan dua qari terbaik Aceh yakni Ustaz Hamli Yunus dan Ustaz Ahmad Rijal. Ribuan warga yang hadir terlihat larut dalam lantunan kalam Ilahi yang dibawakan oleh ketiga qari internasional tersebut. 

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dalam sambutannya mengatakan tahun baru hijriah ini hendaknya benar-benar dijadikan sebagai langkah awal untuk sebuah perubahan total dan sama-sama merenungi sejauh mana kedekatan dan kecintaan kepada Al-Quran sebagai way of life kita selaku umat Islam. 

Illiza juga berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan syiar yang dapat berdampak pada perubahan perilaku masyarakat, khususnya kesadaran untuk mengamalkan ajaran-ajaran agama secara maksimal dan termotivasi untuk menjadikan Al-Quran sebagai sebuah kebutuhan yang harus terus dipedomani. 

Selain itu, sebut Illiza, Pemko Banda Aceh juga mengajak semua pihak untuk terus bekerjasama dalam membangun Kota Banda Aceh yang Madani. 

Editor : Abrar
SHARE :
 
Top