Foto : Humas Pemkab Aceh Besar
Produksi Padi Capai 257.361 Ton 

Lamurionline.com--Indrapuri. Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos didampingi Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin, staf ahli Mentan Ir Mukhti Sarjono MS dan pejabat terkait lainnya melakukan panen raya musim tanam rendengan 2016/2017 di Gampong Lingom, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Kamis (16/03). 

Mukhlis Basyah menyatakan, panen raya kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dengan TNI AD itu mengikutsertakan semua SKPD terkait, para camat, penyuluh, KTNA, keuchik, dan masyarakat/petani di Kecamatan Indrapuri. 

“Pelaksanaan program ketahanan pangan yang sedang kita galakkan, terutama padi sawah, pada kenyataannya cukup membahagiakan kita semua dimana dengan luas baku sawah Kabupaten Aceh Besar seluas 31.845 Ha, dan luas lahan produktif 29.818 hektare dengan realisasi luas tanam musim tanam gadu 2016 seluas 11.641 Ha (105,54%), dari luas sasaran tanam 11.030 Ha, terdapat kelebihan tanam 611 Ha dari luas area yang direncanakan, dengan produksi mencapai 69.868,48 ton Gabah Kering Panen, dengan harga Rp. 4.800 s/d Rp 5.100 / Kg pada saat panen,” ungkapnya. 

Dipaparkannya, sampai saat ini jumlah produksi padi di Kabupaten Aceh Besar mencapai 257.361 ton dari luas tanam 41.230 Ha, dengan produktifitas mencapai 6,28 ton/Ha. Keberhasilam tersebut merupakan suatu anugerah dari Allah SWT, serta berkat usaha, kerja keras dan dukungan serta kerjasama dari semua pihat baik dari dinas terkait maupun para penyuluh, stakeholder, serta kelompok tani. 

Begitupun, ungkap Mukhlis Basyah, suksesnya pengembangan produksi padi di Aceh Besar tidak terlepas dari peran dan kerjasama serta pengawalan yang dilakukan oleh TNI-AD dalam menangani pelaksanaan pendampingan mulai dari penanaman, pemanenan, sampai pascapanen secara baik dan benar. 

Dari harga gabah yang berkembang saat ini para petani merasa cukup lega dimana harga gabah kering panen membawa kabar yang membahagiakan kita semua, yang mana harga gabah kering panen sudah berada di atas harga dasar yang ditetapkan Pemerintah. 

Sumber : Siaran Pers Humas Pemkab Aceh Besar
SHARE :
 
Top