Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Minat Baca di Kalangan Masyarakat Aceh Rendah - Lamuri Online
Loading...

Lamurionline.com--BANDA ACEH - Kepala Badan Arsip dan Pustaka Aceh Superdi menilai minat membaca di kalangan masyarakat Aceh saat ini sangat rendah. Hal itu menurutnya dilihat dari sepinya pengunjung di sejumlah perpustakaan di Aceh.

"Pustaka di kabupaten/kota dan desa-desa selama ini kurang dimanfaatkan, sehingga keberadaan terkesan mubazir. Hal ini juga disebabkan minimnya buku-buku referensi yang dibutuhkan di pustaka, serta jumlah pustaka gampong belum merata di setiap desa," kata Superdi kepada�acehonline.info, Senin (16/9) usai pengukuhan Duta Baca Aceh di Halaman Pusatakan Wilayah Banda Aceh.

Saat ini, Superdi menjelaskan, di Aceh terdapat sekitar 6400 desa. Namun, ia menambhkan, keberadaan pustaka desa hanya ada 950 unit di seluruh Aceh.

"Angka ini masih jauh dari jumlah pustaka yang dibutuhkan masyarakat, padahal keberadaan pustaka sangatlah penting untuk memancing minat baca masyarakat. Membaca adalah salah satu cara menbangun bangsa, dengan menbaca akan membuka cakrawala ilmu yang bisa diapliklasi untuk memajukan bangsa," ujarnya.

Badan Arsip dan Pustaka Aceh, Superdi menambahkan, dalam program kerja lebih berorientasi terhadap pengembangan pustaka daerah, terutama pustaka gampong.

"Kami mengharapkan perhatian serius DPRA untuk membantu dari dana APBA, dalam meningkatkan jumlah pustaka gampong. Karena apabila hanya berharap dana APBN, tidak akan mampu memenuhi semua pustaka gampong di Aceh, demi mengejar ketinggalan dengan provinsi lain," imbuh Superdi.

Tahun ini, kata Suoerdi, oihaknya telah mendirikan 390 pustaka gampong, dimana 130 pustaka bersumber dari APBN dan 260 desa bersumber dari APBA.

"Kepada Duta Baca Aceh dihrapkan membuar program untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Aceh Aceh. Kepada seluruh kepala pustaka di kabupaten/kota, diharapkan dapat untuk bersinergi dengan pemerintahan daerah dalam meningkat minat baca dan penglolaan pustaka," ungkap Superdi.

Dalam pengukuhan tersebut, Mahasiswa Psikologi Unsyiah Ummunisa Hidayati dinobatkan sebagai Ratu Baca Aceh, dan Mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah Heri syahputra dinobatkan sebagai Raja Baca Aceh.(Muhammad Nasir) http://acehonline.info/detail.php?no_berita=4861
SHARE :
 
Top