Lamurionline.com--Suka Makmue :  Pembacaan doa oleh Kakankemenag Nagan Raya Drs H Djulaidi Kasem, pukul 23.30 WIB, mengakhiri sesi penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQXXXII Aceh, Rabu malam (26/8). Pekan lalu, saat pembukaan yang juga hadir Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud dan para Kakankemenag itu, pemandu pembacaan doa oleh Kakanwil Kemenag Aceh Drs H M Daud Pakeh.


Tarian Peukateun Nagan memukau saat pembukaan di Arena Utama MTQ, Suka Makmue, Alun-Alun T Dzulkarnaini. Dan, tarian Rameune Nagan pula yang meriahkan sesi penutupannya, setelah penyerahan tropi dan bingkisan itu.

Sebagaimana saat pembukaan, yang Takir Feriza SPdI (qari internasional) dan Darwin Hasibuan (qari internasional) lantunkan Kalam Ilahi, malam penutupan Takdir juga ulangi, disaritilawahkan Zainol Hamidah. Shalawat Badar mengiringinya, dipandu Zainuddin Habib.

Kru seumangat, Aceh Utara raih Juara Umum even yang dibuka Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah, Rabu malam 19 Agustus 2015 itu. Sekda Aceh Utara terima piala bergilir. Juara Umum II dan III ialah Kota Lhokseumawe dan Aceh Besar. Dan penutupan dilakukan Gubernur Aceh juga, dalam hal ini diwakili Sekda Aceh Drs H Dermawan MM, yang juga putra Seunagan, yang juga Sekda perdana Kabupaten Nagan Raya, semasa periode pertama Bupati Ampon Bang (Drs H T Zulkarnaini).

Koordinator Dewan Hakim Prof DR Tgk H Azman Ismail MA, bacakan nama dan daerah sang juara, dibantu Sekretarisnya Drs Tgk H Ridwan Djohan.

Adapun 10 besar, selain Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie, Aceh Timur dan Nagan Raya, Aceh Selatan, Kota Langsa, Aceh Tamiang, dan Kota Subulussalam. Dan Nagan Raya, Aceh Jaya, serta Kota Lhokseumawe untuk juara Pameran.

Di antara juara ialah Fahmil Qur’an golongan putri Kota Lhokseumawe raih Juara I. Golongan putra Kota Langsa, Juara I putra. Tentu Juara I, hingga Harapan III, diraih banyak oleh Aceh Utara, hingga Juara Umum, di kampung penghasil giok.

Saat penutupan sebagaimana saat pembukaan, MC Indahyani S.Ag, uraikan filosofi Peukateuen Nagan“Dan yang dari Nagan Raya, palawija, sawit, keukarah Nagan, serta giok yang sudah dikenal internasional itu, melambangkan kemakmuran…,” jelas MC Aceh.

Alhamdulillah, MTQ yang Dewan Hakim hampir semua dari Kemenag se Aceh itu pun usai. Tirai panggung ditutup, ambal digulung, bendera MTQ diturunkan, dan lampu Iqra’ dipadamkan. Rekor MURI untuk Nagan Raya (Aceh) yang kumpulkan Alquran terbanyak dibingkaikan.

Seluruh sisi MTQ, tuan rumah, panitia, janji untuk juara, dinamika peserta, bahkan pameran pun dievaluasi dan dihitung-hitung lebih kurangnya, bersamaan dengan keriuhan pedangang, di stan yang ramaikan arena yang luas melebihi Blang Padang Banda Aceh itu.

Gubenur Aceh Doto Zaini yang diwakili Sekda Aceh, lewat pukul 20.00 WIBmenutup resmi kegiatan dua tahunan, yang tahun lalu (2013) di Kota Subulusalam, antarkan Aceh Besar sang Juara Umum, dan tuan rumah MTQ pada 2017 akan diumumkan nanti, meski Aceh Timur berminat sekali, bersama Pidie itu.

MTQ Aceh ke 32 yang selama ini dipusatkan di Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, juga di Mushalla Kankemenag di Jalan Ar-Raniry itu, juga lahirkan rekomendasi dari Rakor LPTQ di arena (25/8).

Abdul Kadir SE, Sekum Umum MTQ, bersama Ketua Pantia kelihatan sumringah dengan suksesnya layani ajang keagamaan itu. Ribuan masyarakat dari timur dan barat, saksikan acara penutupan di Taman Dzulkarnaini, Suka Makmue.

Sejumlah 180 orang pemenang aneka cabang lomba, dijanjikan dapat tropi dan lainnya, termasuk hadiah sebesar Rp 1,9 miliar lebih yang disediakan oleh panitia penyelenggara. Menurut Ampon Bang bahkan Rp 2,2 milyar hadianya. Diberikan pula hadiah berupa jam tangan berukir kaligrafi serta Alquran berbentuk pintu Ka’bah.

Ada kabupaten yang janjikan haji untuk juara I, seperti janji Bupati Pidie. Uang tunai, hadiah, yang diberikan usai pengumuman itu, di antaranya untuk Juara I, dapatkan sebesar Rp 12 juta, Juara II Rp 10 juta, juara III Rp 7,5 juta, Juara Harapan I, II, dan III Rp 4 juta, Rp 3 juta, serta Rp 2 juta. Wah… 

 [Yakub]  [foto: kafilah aceh besar; foto: yakub inmas]
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top