ads1

Peserta Rapat koordinasi (Rakor) turun ke sawah musim tanam gadu (meugo reuweung) tahun 2017 di Halaman Dinas Pertanian Aceh Besar, Kamis (30/03). Foto : HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Lamurionline.com--Kota Jantho. Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pertanian (Distan) melakukan Rapat koordinasi (Rakor) turun ke sawah musim tanam gadu (meugo reuweung) tahun 2017. Rapat musyawarah dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Besar Dr Syamsulrizal MKes di Halaman Distan Aceh Besar, Kamis (30/03). 

Wabup Dr Syamsulrizal MKes mengharapkan, musim tanam gadu tahun ini agar dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan meminta para petani melalui keujruen blang untuk dapat mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. 

Dalam rapat ini tidak hanya membahas jadwal turun sawah, tapi juga melihat potensi sektor pertanian selain padi seperti peternakan, perkebunan dan perikanan. 

"Hal ini, mengingat Aceh dan Aceh Besar merupakan tuan rumah Pekan Nasional KTNA Mei mendatang," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, Wabup Aceh Besar juga meminta instansi terkait dan masyarakat tani untuk mengalakkan kembali budaya keuneunong atau kearifan lokal dalam hal pengembangan usaha disektor pertanian. 

Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE, dalam tersebut meminta pada pemerintah daerah agat dapat terus melakukan pemberdayaan penyuluh, dimana mereka menjadi ujung tombak keberhasilan sektor pertanian. 

"Kami dewan siap mendukung penyuluhan baik berupa moril dan materil yang membangun guna peningkatan produksi pangan," ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Ahmad Tarmizi SP MM mengatakan, musim tanam gadu akan berlangsung April hingga Agustus 2017 dengan areal tanam seluas 29.662 hektar. 

“Target luas panen mencapai 29.300 hektar dan minimal tiap hektar akan menghasilkan 6,2 ton gabah petani,” ujarnya. 

Ia mengatakan untuk mendukung target tersebut dibutuhkan benih unggul, ketersediaan pupuk, air yang mencukupi, dan penyuluh pertanian dengan terus memberikan pemahaman serta pengontrolan perkembangan tanam hingga panen. 

Rakor persiapan menghadapai Musim Tanam Gadu 2017 yang diikuti 150 peserta terdiri unsur dinas, Instansi terkait, Kodim 0101/BS, para Camat, Penyuluh, KTNA dan juga tokoh masyarakat keujruen blang dalam Kabupaten Aceh Besar. (Mariadi)
SHARE :
 
Top