ads1

Foto: Rahmat
Lamurionline.com--Indrapuri. Untuk pertama kalinya, Dayah Tgk. H. Ahmad ibnu Umar Lampupok menyelenggarakan Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) mulai 7 September 2017 sampai dengan selesai.


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut 1 Muharram 1439 H, Jum’at (08/09) di kompleks Dayah tersebut.



"Acara ini dilaksanakan selama dua pekan, pembukaan dan penutupan juga disini," ujar salah seorang Panitia Rahmat Muhammad, SPdi kepada media ini. 



Ketua panitia MTQ, Tgk Wahidi mengatakan ada dua kategori kafilah yakni tingkat remaja dan anak-anak yang ada dilingkungan santri dayah Lampupok. 



Kegiatan yang berlangsung di halaman dayah ini, dibuka oleh bapak Husaini sekaligus keuchiek gampong Lampupok. 



Dalam kata sambutan, Husaini menjelaskan, dalam kegiatan MTQ ini yang jadi prioritas penilaian adalah kemampuan para santri antar dayah di saat menampilkan keahliannya di masing- masing cabang. Ia menambahkan nantinya akan dipilih finalis terbaik yang akan mewakili untuk MTQ antar cabang dayah se kecamatan indrapuri.



Sementara pimpinan Dayah Tgk H Ahmad Ibnu Umar Lampupok, Tgk Aidil menyebut kegiatan ini sebagai bagian untuk mendorong kebangkitan pendidikan agama Islam.



"Kegiatan ini tak hanya akan mencetak genarasi baru, tapi juga mendukung Islam dengan menghidupkan dayah-dayah sekaligus menjadi perisai (benteng) mengatasi zaman bergolak,".



Ia menambahkan penting untuk memahami Al-Quran dan ilmu syari’at secara utuh, agar tak terjerumus pada pemikiran baru yang menganut paham kekerasan dan liberalisme. (Almuzanni)
SHARE :
 
Top