*Menambah Pendapatan Para Pedagang

Salah salah seorang pedagang di pasar Al Mahirah memanfaatkan akses internet gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai wujud implementasi Smart City di Kota Banda Aceh, Minggu (17/4/2022). FOTO/MC KOTA BANDA ACEH


lamurionline.com -- Banda Aceh : Keberadaan wifi Corner da akses internet gratis di pasar Al Mahirah Lamdingin sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh para pedagang serta para pembeli yang mengaksesnya. Terlihat beberapa keluarga yang sedang belanja memanfaatkan jaringan internet gratis yang tersedia, Minggu (17/04/2022).

Samsudin, warga Gampong Keudah mengatakan kalau dirinya kerap menggunakan jaringan wifi gratis yang tersedia di pasar Al Mahirah ini. “Selagi saya menunggu istri saya belanja, saya biasa menggunakan mengakses internet, setidaknya fasilitas ini menghilangkan rasa bosan,” ungkap nya

Beberapa pedagang lainya juga terlihat menggunakan akses internet gratis ini, ada yang menggunakannya sekedar mengisi waktu istirahatnya dan ada juga yang menggunakan jaringan internet untuk promosi komoditi secara online.

Fajar, salah salah seorang pedagang ikan di pasar Al Mahirah mengatakan, kalau dirinya dan pedagang lainnya juga kerap menggunakan wifi gratis yang tersedia.

“Selain kami gunakan untuk mengakses medsos, kami juga pakai untuk promosi online,” Katanya.

Keberadaan wifi gratis di pasar Al Mahirah merupakan bagian dari upaya pemerintah Kota Banda Aceh dalam implementasi Smart City di Kota Banda Aceh.

 



Dengan menggandeng PT. Acehlink Media dengan ikatan kerja sama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh beserta Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh maka layanan wifi corner serta akses internet gratis di Pasar Al Mahirah Lamdingin dapat dimanfaatkan langsung oleh pedagang dan para pengunjung pasar.

Direktur PT. Acehlink Media, Ikhsan, AMD saat dikonfirmasi, Senin (18/04/2022) mengatakan pembangunan wifi corner dan akses internet gratis tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan kami kepada pemerintah kota dan masyarakat Kota Banda Aceh dalam memajukan Pasar Al Mahirah juga dukungan terhadap program Smart City Kota Banda Aceh.

“Wifi corner dan akses internet gratis yang kami berikannya merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Acehlink Media,” ujarnya.

Kata Ikhsan, selaku pengusaha lokal, sudah seharusnya mendukung upaya implementasi digitaliasi dalam layanan public serta implementasi Smart City Kota Banda Aceh.

Ikhsan juga menambahkan, setidaknya Acehlink telah membagun satu buah wifi corner dan lima titik wifi yang dapat diakses secara gratis di pasar Al Mahirah.

“Saat ini, setidaknya ada 150 orang setiap harinya yang telah mengakses wifi gratis di pasar Al Mahirah, dan dapat dipastikan jumlah ini akan terus bertambah di kemudian hari,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh Fadhil. S. Sos MM mengatakan, pembangunan wifi corner serta akses internet oleh PT. Acehlink Media merupakan langkah kolaborasi dan kerjasama yang dibangun untuk konsep pembangunan smart city yang berkelanjutan.

Dirinya juga berharap, dengan fasilitas internet gratis di pasar Al Mahirah dapat menambah pendapatan para pedagang, dan pedagang juga lebih melek terhadap dunia digital.

“Ini adalah bukti sinergitas antar pelaku usaha terhadap program pembangunan Kota Banda Aceh, semoga upaya ini juga bisa jadi contoh dan dapat diikuti oleh pelaku usaha lainnya,” tutup Fadhil. (Cek Man)

SHARE :
 
Top