LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Desa Lubuk Sukun bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Desa Wisata Lubuk Sukun yang digelar di lapangan serbaguna Desa Lubuk Sukun, Sabtu (27/8)

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini mengusung tema "Woe Bak Asai" dan bertujuan untuk memperkenalkan Gampong Lubuk Sukun sebagai desa wisata mandiri yang masih mempertahankan budaya, adat isitiadat, kuliner hingga permainan tradisional.

Gelaran festival ini menampilkan beragam atraksi mulai dari tarian, kuliner hingga permainan tradiaional didaerah tersebut. Ada 10 stand yang dibuka dalam Festival Wisata ini, diantaranya Stand UMKM, Stand Kuliner, Stand Kesehatan, Stand Permainan Tradisional dan Stand Expo.

Geuchik Gampong Lubuk Sukun, Hamdan, mengatakan selain memperkenalkan kembali Gampong Lubuk Sukon sebagai Desa Wisata dengan julukan Little Aceh, gelaran ini juga ajang silahturahmi bagi masyarakat Lubuk Sukon dengan harapan kedepannya terjalin kerjasama dengan banyak pihak.

"Sehingga gampong Lubuk Sukon menjadi salah satu destinasi wisata yang memperkaya khasanah wisata di Provinsi Aceh," ucapnya.

Menurutnya, Gampong Lubuk Sukon yang berada di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar merupakan Gampong Wisata yang dikukuhkan Pemerintah Aceh lewat Dinas Kebudayaan Kebudayaan dan Pariwisata Aceh pada 15 Oktober 2012. Di Gampong Lubuk Sukon.

"Disini masih bisa dijumpai Rumah Tradisional Aceh (Rumoh Aceh) dengan arsitektur yang masih Asli," terangnya.

Hamdan menambahkan, kehidupan masyarakatnya masih menjunjung tinggi sendi-sendi reusam (kebiasaan) adat yang jroh (baik) dengan kaidah-kaidah syara’.

"Insya Allah masih kita jaga peninggalan orang tua kita dulu," tutupnya.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top