LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR – Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM melantik Imum Mukim Reukih Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar periode 2022-2027, bertempat di Aula Kecamatan Indrapuri, Kamis (4/8). 

Pelantikan imum mukim tersebut, didasari keputusan Bupati Aceh Besar tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Imum Mukim Reukih Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, dari Pj Imum Mukim yang lama Ahmad Afdhil SE kepada Mahya Zakwan SAg selaku Imum Mukim yang baru. 

Menurut Camat Indrapuri, pelantikan Imam Mukim Reukih ini merupakan hasil musyawarah para Keuchik dimukim itu beberapa waktu lalu. 

"Imum Mukim juga bagian dari pemerintahan kecamatan dan bisa membantu camat dalam setiap kegiatan. Kita berupaya roda pemerintahan tidak berhenti. Ini semata-mata untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah kami ini”, katanya. 

“Sesuai ketentuan, imum mukim baru nanti akan menjabat hingga 5 tahun kedepan”, lanjutnya. 



Usai melantik dan melakukan pengangkatan sumpah, Camat Irda ketika memberikan arahan, mengharapkan kepada Imum Mukim yang baru dilantik dapat melakukan tugas pengabdian dengan semangat dan penuh keikhlasan. 

"Tugas pertama adalah membangun komunikasi yang baik dengan para Keuchik atau masyarakat yang berada di wilayah kerjanya" lanjutnya. 

Dia berpesan agar melalui momentum ini dapat kembali mendorong semangat serta mendukung kerja dan birokrasi pemerintah Gampong maupun adat istiadat serta kearifan lokal dengan baik. Selain itu, imum mukim juga berperan serta dalam pelaksanaan syariat Islam secara kaffah. 

“Hendaknya melalui pelantikan ini menjadi momentum bagi segenap elemen yang ada dikecamatan ini untuk memulai menumbuhkan kembali semangat menjaga tradisi dan nilai-nilai budaya yang ada”, harap Irda Junaidi. 

Kepada Mukim, Camat mengingatkan lembaga Mukim jangan hanya dijadikan simbol, tapi juga dapat menjadi perekat bagi masyarakat terlebih dari aspek sosial budaya maupun adat istiadat.





Mukim juga harus mampu dan ikut menjadi suri tauladan dalam mengayomi masyarakat, agar kehadiran lembaga ini benar-benar menjadi “suluh dalam gelap” dalam masyarakat yang kesemua dalam upaya merekatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, tentu saja dengan integritas dan berkarakter. 

“Saya mengharapkan mukim baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik, jujur dan adil, serta bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya,” tutup Irda Junaidi, Camat Indrapuri. 








Sementara Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan SAg usai dilantik memohon dukungan berbagai pihak dalam mengemban amanah seraya meminta arahan dan bimbingan dari muspika 

"Sejak adanya Undang-Undang Desa, kita tahu saat ini peran Imum Mukim sudah agak menurun dari peran Keuchik Gampong, namun sesuai implementasi amanah yang sudah ada, bagaimana caranya kita akan bersinergi membangun kemukiman ini untuk kecamatan Indrapuri yang lebih baik" ujar Mahya yang saat ini juga menjabat Ketua Forum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Indrapuri. 



Turut hadir anggota DPRK Aceh Besar, Firdaus SE dan Hanifullah SPdI, Ketua Umum Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Aceh Besar, Muslim MS, para Imum mukim, muspika plus, tokoh masyarakat Indrapuri, pengurus forum APDESI, KUA, Kacab Bank Aceh dan pengurus OKP Kecamatan (Ippemindra). 

Usai seremoni acara pelantikan dan penyerahan bungong jaroe, ditempat yang sama juga diisi dengan ceramah muharram yang disampaikan Ustad Fakhruudin Lahmudddin MPd, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, yang ditutup dengan doa dan makan kenduri kuah beulangong bersama.

Liputan: Abrar/Herman

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top