Hadiah Istimewa Hari Ulang Tahun Qari Junior



lamurionline.com -- Aceh Besar : Satu lagi anak-anak Aceh Besar telah mengharumkan nama Aceh pada ajang bergengsi Musabaqah Tilatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional. Dia adalah Faris Dhamira putra bungsu dari 4 bersaudara yang merupakan warga Gampong Lamkawe, Kecamatan Darul Imarah.


Santri Dayah Insan Qur'ani (IQ) Aceh Besar berusia 14 tahun ini berhasil meraih juara pertama pada even MTQ Virtual Nasional Liwet Sejagad tahun 2022 kategori tilawah tingkat anak-anak yaitu berusia 8-15 tahun.


Ajang lomba diselenggarakan secara bertahap. Pada babak penyisihan yang berlangsung tanggal 17 Agustus lalu, Faris - panggilan akrab pecinta badminton ini berhasil melaju babak selanjutnya. Dan pada 18 Agustus, ia nominator 20 besar. Kemudian, 4 September lalu ia terpilih dan melaju masuk 3 besar. 


Puncaknya Majelis Hakim mengeluarkan Surat Keputusan yang tertuang dalam lampiran Nomor : 001/DH-MTQ/Virtual/ULS001-KEP/2022 tertanggal 10 September 2022. Secara berurut, Faris Dhamira (Aceh) berhasil meraih juara pertama. Dilanjutkan peringkat kedua perwakilan dari Kalimantan Tengah dan peringkat ketiga peserta dari Kalimantan Timur. 


Pengumuman penetapan ia sebagai juara MTQ Virtual yang diikuti peserta terbaik tanah air itu menjadi kado istimewa, sebab Faris dilahirkan pada tanggal yang sama, 10 September. Selamat ya Faris, tingkatkan dan pertahankan pretasimu yang turut membanggakan keluarga, warga dan keluarga besar Dayah Insan Qur’ani. Tetaplah menjadi insan rendah hati dan bersahaja.


Saat tampil lomba kesemua disetting dan dilaksanakan di rumah. Kakaknya yang juga menjadi andalan Cabang Fahmil Qur’an bagi kafilah MTQ Aceh Besar , Iin Zakiratul Fadhilah shoot via smarthphone lalu mengirimkan video ke link yang ditentukan. 


Faris adalah seorang qari berprestasi. Ia beberapa kali meraih prestasi pada ajang MTQ pada tingkat Aceh Besar maupun Provinsi Aceh dalam cabang berbeda. Ia tercatat pernah menjadi juara 2 MTQ cabang Tartil Quran MTQ Provinsi Aceh di Pidie tahun 2019, juara 1 Musabaqah Azan Festival Anak Shaleh Tingkat Provinsi Aceh. 


Catatan lain, ia juara cabang Tartil dan Tilawah kanak-kanak pada MTQ Kabupaten Aceh Besar dan juara 1 MTQ Tingkat Penggalang MTQ Tunas Ramadhan Provinsi Aceh tahun 2021. Dalam ajang serupa, ia juga pernah meraih prestasi lomba qari cilik virtual yang diselenggarakan oleh Ajwa TV.


Walau demikian, dalam menghadapi MTQ virtual nasional 2022 ia tetap mempersiapkan diri menjelang MTQ virtual ini. “Saya selalu berlatih setiap ada kesempatan baik di rumah maupun di pondok serta mengulang maqra yang sudah dipelajari,” ungkapnya. 


“Alhamdulillah santri kita Faris berhasil meraih juara 1 MTQ virtual Nasional 2022, selamat untuk anak kami telah mengharumkan Aceh dan juga Dayah Insan Qur'ani di kancah nasional," kata Pimpinan Dayah IQ, Ustadz Muzakkir Zulkifli.


Ucapan selamat dan apresiasi juga disampaikan dari Muhammad Iswanto, S.STP, MM Pj. Bupati Aceh Besar yang dipublikasikan dan tersebar melalui media sosial. (NA RIYA ISON)

 Sumber : Gema Baiturrahman

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top