LAMURIONLINE.COM | MEULABOH – Manajer Program dan Kerjasama Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr. Rahmad Syah Putra, M.Pd., M.Ag menjadi narasumber dalam kegiatan Training Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Organisasi Melborn Group di Aula SMKN 2 Kabupaten Aceh Barat, pada Minggu (26/11).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari 24-26 November 2023 yang diikuti 30 orang peserta dari kalangan Siswa SMA/SMK dan Mahasiswa yang berada di Aceh Barat, dengan menghadirkan Pemateri dari berbagai lintas Organisasi, Akademi, Praktisi, hingga Politisi di Aceh.

Dalam pemaparan materinya, Rahmad mengupas tentang pentingnya Nilai-Nilai Religius sebagai Sumber Karakter.

''Setiap agama pada hakekatnya mengajarkan tentang nilai-nilai yang baik bagi para penganutnya agar hidup dalam suasana keteraturan, ketenteraman, kedamaian, dan keselamatan. Nilai-nilai keagamaan ini menempati posisi sentral dalam kehidupan, karena di dalamnya berisi aturan berkenaan dengan kehidupan,” ucapnya.

Karena itu, Rahmad berpesan dalam dalam memimpin tetaplah menjunjung tinggi nilai-nilai religius. Sebab, melalui nilai-nilai religius-lah akan terjadi pembentukan karakter kepemimpinan baik, dan yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, yaitu pemimpin yang memiliki semangat yang tinggi, amanah, bertanggung jawab, disiplin, terpercaya, visioner, moderat, dan tidak mudah menyalahkan orang lain. 


''Pemimpin Moderat adalah seorang pemimpin yang mampu mempersatukan berbagai kalangan, memiliki pemikiran yang terbuka, transparan, dan membuat sosoknya begitu diterima masyarakat dari berbagai kalangan. Sosok gaya kepemimpinan yang moderat inilah yang mampu merawat kebhinekaan bangsa terjaga dengan baik. Meletakan pemahaman beragama itu secara moderat. Jadi tidak terlalu mengklaim dia lah yang benar. Tetapi dia selalu terbuka, berpikir rasional, rendah hati, dan membawa manfaat kepada umat," ujarnya.

Ketua Panitia Dede Rahmat mengatakan, tujuan dari kegiatan Training ini adalah untuk memberikan keterampilan baru bagi pelajar dan mahasiswa dalam memimpin dan mengelola organisasi. Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menguasai hakikat kepemimpinan, manajemen dan pengembangan organisasi ke arah yang lebih baik.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top