*Tgk Nasruddin; Pengaruh Lingkungan Jadi Tantangan terbesar





lamurionline.com -- Kota Jantho – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Besar, di bawah kepemimpinan Tgk H Nasruddin M, bekerjasama dengan Baitul Mal Aceh Besar menggelar sosialisasi di SMPN 1 Indrapuri Aceh Besar. Kegiatan dengan tema “Kita wujudkan generasi muda yang handal dan bebas narkoba,” bertujuan mengingatkan pentingnya membayar zakat sesuai hisap, menekankan kehadiran Baitul Mal untuk memudahkan pembayaran zakat, serta menyoroti esensi cita-cita tinggi sambil menjaga tanggung jawab, Senin (27/11/2023).

Dalam sesi tersebut, Nasruddin menegaskan bahwa tidak membayar zakat setelah mencapai hisap sama dengan keluar dari prinsip agama Islam. Ia juga menyoroti keberadaan Baitul Mal di setiap Kecamatan dan Kabupaten untuk mempermudah wajib zakat.

Lebih lanjut, poin-poin kunci dibahas termasuk pentingnya cita-cita tinggi tetapi seimbang dengan tanggung jawab, arti belajar untuk mencapai tujuan hidup, serta perlunya mendengar dan mengikuti bimbingan guru.

“Harapannya, sosialisasi ini akan membekali generasi muda dengan pemahaman yang kokoh mengenai kewajiban agama, mencegah bahaya narkoba, serta memotivasi mereka menuju cita-cita yang positif,” ucap Tgk Nasruddin yang akrab disapa Abi Nas Lampakuk.

“Generasi muda ini merupakan generasi yang akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang, untuk itu perlu pengawasan yang ketat serta memberikan pemahaman yang tepat agar kedepannya menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara,” tambahnya.

Pengaruh lingkungan mengancam generasi muda

Selain itu, Tgk H Nasruddin mengatakan, pengaruh lingkungan menjadi tantangan terbesar dalam mendidik generasi penerus. Tidak hanya serapan pemahaman yang salah pada penyalahgunaan narkoba, namun perkembangan zaman yang menggiring generasi terhadap penggunaan gadget harus diawasi agar tidak terjerumus ke arah yang negatif.

“Saat ini tidak hanya narkoba yang mengancam generasi muda, namun memberikan kebebasan terhadap anak dalam menggunakan gadget juga akan membuat anak menjadi lupa terhadap pendidikannya,” jelasnya.


Ketua MPU Aceh Besar Tgk H Nasruddin M, saat mensosialisasikan terkait pentingnya membayar zakat dan bahaya penggunaan narkoba, di Mushalla SMPN 1 Indrapuri Aceh Besar, Senin (27/11/2023). FOTO/ WAHYU DESMI

Abi Nas Lampakuk menyebutkan, satu-satunya cara untuk menghalau pengaruh buruk dari lingkungan, harus menempatkan anak dalam lembaga pendidikan yang tertutup agar terbebas dari pergaulan yang bebas.

“Mengatasi pengaruh pergaulan yang bebas memang sulit untuk dilakukan saat ini, namun jika menempatkan anak pada lembaga pendidikan tertutup seperti dayah dan pesantren, maka akan lebih menjamin terhindari dari pengaruh buruk dari pergaulan,” imbuh Ketua MPU Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Indrapuri Yusliana SPd menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih untuk penyelenggaraan sosialisasi dan edukasi tersebut. Kegiatan tersebut, sangat membantu memberikan pemahaman yang baik terhadap siswa serta membantu para guru dalam mendidik siswa-siswanya.

Kepala SMPN 1 Indrapuri Yusliana SPd
FOTO/ WAHYU DESMI


“Alhamdulillah, dengan adanya edukasi dan sosialisasi mengenai zakat, akhlaqul Karimah, dan bahayanya penyalahgunaan narkoba itu sangat membantu merubah pola pikir dan tingkah laku siswa jadi lebih baik,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Yusliana juga berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut di sekolahan, dan bahkan dapat dilakukan di lingkungan masyarakat, sebagai upaya merubah perilaku anak didik dan masyarakat menjadi lebih baik secara maksimal.

“Semoga sosialisasi dan edukasi seperti ini dapat terus dilakukan, karena dalam merubah tingkah laku dan pola pikir butuh bimbingan yang lebih,” pungkasnya.(Cek Man/WD)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top