Kepala MIN 20 Aceh Besar, Adriah, S. Ag.,MA menerima penghargaan madrasah sehat yang diserahkan oleh Kakanwil Kemenag Aceh Drs. H. Azhari

LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Kabupaten Aceh Besar yang diwakili oleh MIN 20 Aceh Besar berhasil menjuarai lomba madrasah sehat Tingkat Provinsi tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Penganugerahan ini diberikan dalam Acara Penganugerahan Kakanwil Award Tahun 2023 di Hotel Amel, Banda Aceh, Sabtu (13/1).

Kepala MIN 20 Aceh Besar, Adriah, S. Ag.,MA mengatakan lomba madrasah sehat merupakan program rutin yang dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi Aceh setiap tahunnya. Madrasah didorong untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga menjadikan siswa dan penghuni sekolah lainnya juga mendapatkan manfaat sehat.

Menurut Adriah, madrasah bisa menjadi wahana untuk mengkampanyekan hidup sehat. Melalui budaya dan kebiasaan yang sederhana, siswa didorong melakukan pola hidup sehat dan menjadi contoh bagi lingkungan skeitarnya.

"Sehat bisa dari cara yang gampang seperti membuang sampah pada tempatnya,  kebiasaan cuci tangan, dan lainnya,” kata Adriah.

"Keberhasilan MIN 20 Aceh Besar berkat kerja keras guru, tenaga kependidikan, serta semua siswa-siswi yang menjadi garda terdepan dalam menerapkan Trias UKM (Usaha Kesehatan Madrasah) untuk terciptanya madrasah yang bersih dan sehat" imbuhnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar, H. Saifuddin, SE memberikan apresiasi yang setingginya atas prestasi yang diraih MIN 20 Aceh Besar dan berharap semoga kemenangan ini akan menjadi motivasi bagi madrasah-madrasah lain yang ada di Aceh Besar untuk dapat mengikuti kegiatan perlombaan seperti ini dan menjadikan semua madrasah yang ada di Aceh Besar adalah Madrasah Sehat, ujarnya.

Saifuddin menambahkan, Puskesmas sebagai garda terdepan dalam pembinaan kesehatan yang dapat mengintervensi secara tuntas permasalahan kesehatan pada peserta didik di madrasah mempunyai peran yang sangat besar.  Sehingga diharapkan kedepan semua madrasah dapat memperkuat kerjasama dengan Puskesmas agar terjadi simbiosis mutualisme dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top