LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Menggelar Sidang Munaqasyah Pertama mahasiswa non skripsi, atas nama Rahmatan Islami yang berlangsung di ruang sidang 1 Gedung A FTK, Kamis (25/04/2024).

Mahasiswa semester 8 (delapan) tersebut mampu menyelesaikan studinya tanpa skripsi melainkan mempublikasiskan hasil riset. Hasil riset yang diujikan yakni artikel by research berjudul The Effect Of Using Sagu Drugs (Metroxylon sagu) And Dried Banana Leaves (Musa paradisiaca) On The Growth Of White Oyster Mushroom (Pleurotus ostreatus). Artikel penelitian ini ditulis di bawah bimbingan Eva Nauli Taib, M.Pd dan Zuraidah, M.Si yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional, Jurnal Biotik : Jurnal Ilmiah Biologi, Teknologi dan Kependidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh terakreditasi SINTA 3.

Sebagai mahasiswa berprestasi, Rahmatan juga melampirkan banyak sertifikat dan penghargaan yang diaraih saat perkuliahan, event-event akademik yang dilakoni diantaranya menyabet medali perak pada Olimpiade Nasional Matematika, Ilmu Pengetahuan dan Bahasa (ONMIPASA), Medali perak Pesona (pekan sains dan olimpiade Nasional) tingkat nasional 2023, Juara 3 bimbingan kelompok Tarbiyah fair Tingkat Nasional tahun 2023, Mahasiswa berprestasi UIN Ar-Raniry tahun 2022, Mahasiswa berprestasi fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Ar-Raniry tahun 2023, mampu masuk 20 besar Olimpiade Agama, Sians dan Riset (OASE) cabang olimpiade Biologi tingkat nasional tahun 2023

Sidang Kelulusan S1 non skripsi tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Safrul Muluk, S.Ag., M.Ed., M.A., Ph.D dan Wakil dekan 1, Prof. Habiburrahim, S.Ag., M.Com., MS., Ph.D. Komposisi sidang munaqasyah di hadiri oleh dosen Program studi pendidikan biologi sebagai dosen ahli dalam bidangnya yaitu Eriawati, M.Pd Sebagai Penguji 1, dan Cut Ratna Dewi, M.Pd Sebagai Penguji 2. 

Dekan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Safrul Muluk, S.Ag., M.A,. Ph.D menyampaikan bahwa Peraturan Rektor Tentang Tugas Akhir Jenjang Pendidikan Strata Satu (s1) di lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2020 dapat berbentuk artikel pada jurnal nasional terakreditasi sinta “Ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya percepatan kelulusan,” tegasnya. 


Prof Safrul menambahkan  sidang dalam bentuk artikel by research  sebagai bentuk pendorong peraihan prestasi akademik mahasiswa. “Ini sangat bagus. kegiatan ini perlu dilanjutkan oleh Prodi lain pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry banda Aceh terutama untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan berprestasi serta salah satu cara untuk mendorong percepatan studi mahasiswa sehingga mampu menyelesaikan studinya tepat waktu” tandasnya. Lebih lanjut Dekan FT menambahkan untuk saat ini FTK UIN Ar-Raniry terus mendorong percepatan studi mahasiswa baik dengan penulisan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan pada Jurnal dilingkungan FTK UIN Ar-Raniry sebanyak 14 Jurnal dan juga dengan memberlakukan pola bimbingan skripsi yang dibimbing oleh satu dosen pembimbing.

"Kemampuan menulis artikel itu penting tetapi kemampuan meneliti juga jauh lebih penting. Saudara Rahmatan dapat membuktikan telah memiliki kemampuan menulis juga telah mampu menunjukkan kemampuan meneliti. Hal ini dibuktikan dengan luaran penelitian yang telah dipublikasikan dan lampiran data dan teknik pengumpulan datanya benar-benar meyakinkan," sambungnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan disela-sela kehadirannya dalam persidangan tersebut juga menyampaikan bahwa dukungan portofolio research paper dengan sistematika penyajian seperti ini dan pola persidangan model ini mirip ujian kelulusan mahasiswa level sarjana di universitas-universitas di dalam maupun di luar negeri.

Wakil Dekan 1, Prof. Habiburrahim, S.Ag., M.Com., MS., Ph.D menyampaikan kepada Rahmatan yang berasal dari Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan untuk segera mempersiapkan studi lanjut ke S2 ke luar negeri, mengingat presentasi artikel yang disajikan dalam Bahasa Inggris sudah menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, selain itu skor TOEFL  yang diraihnya sebagai salah satu syarat siding perlu ditingkatkan lebih tinggi sehingga dapat meraih beasiswa studi ke luar negeri. 

Diwaktu bersamaan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mulyadi, M.Pd menyampaikan bahwa kelulusan melaui publikasi di Jurnal terindeks SINTA merupakan yang perdana bagi program studi pendidikan biologi dalam meluluskan alumninya “Ini yang pertama sejak berlakunya Peraturan Rektor Tentang Tugas Akhir Jenjang Pendidikan Strata Satu (S1) di lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, mahasiswa menyelesaikan studinya selain dengan menulis skripsi," sebutnya. Mulyadi menambahkan agar mahasiswa lain pada Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry juga dapat mengikuti jejak dari Rahmatan Islami dalam menyelesaikan studi dan tugas akhirnya pada jenjang S-1. (Muhammad Rizki)


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top