LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Sains Malaysia (USM) sepakat untuk berkolaborasi pada berbagai kegiatan akademik khususnya di bidang pertambangan. Komitmen ini disampaikan delegasi USM yang dipimpin oleh Assoc. Prof. Ir. Dr. Syed Fuad Saiyid Hashim saat mengunjungi USK, yang disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Ruang Kerjanya di Banda Aceh, Jumat (17/5/2024).

Kunjungan delegasi USM ini untuk penjajakan kerja sama dengan USK di bidang pertambangan melalui kegiatan Equity World Class University (WCU) USK 2024. Kesepakatan ini juga untuk melanjutkan  kerja sama sebelumnya.

Pada kesempatan itu Agussabti mengatakan, dirinya menyambut baik terjalinnya kesepakatan antara USK dengan USM tersebut. Rencananya, kerja sama ini akan melibatkan beberapa fakultas antara USK dan USM. 

“Draf MoU sedang kita siapkan. Kita berharap kerjasama ini bisa memberi manfaat yang luas khususnya penguatan institusi  baik USK maupun USM,” ucap Agussabti.

Adapun fokus kerja sama ini nantinya pada bidang pertambangan melalui kegiatan student mobility dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  Selain itu, berbagai peluang kerja sama terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat juga dibahas sesuai dengan kebutuhan Universitas.

“Penguatan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kolaborasi yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sejalan dengan tuntutan dunia industri,” ucapnya.


Selanjutnya, Syed Fuad Saiyid Hashim, Dosen Pusat Pengajian Kejuruteraan Bahan dan Sumber Mineral USM mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program kerja sama yang telah dirancang ini.

“USM sangat terbuka dan menerima rencana kerja sama kedua kampus ini.  Tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan yang menjadi tujuan. MoU juga sudah kami terima dan siap untuk ditanda tangan,” ucapnya.

Turut hadir Prof. Dr. Ir. Muhammad Syukri, S.Si, M.T, IPM, ASEAN.Eng sebagai Kepala Bagian Pembelajaran dan MBKM USK. Ia menyampaikan, USK sedang merintis kegiatan student mobility ke USM. Rencananya, USK akan mengirim mahasiswanya ke USM sebanyak 5 orang untuk kegiatan MBKM minimal 1 semester. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top