Adv

Adv

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (19) 

The Rindge School of Technical Arts (Bagian 1 Dari 8 Seri) 

Rindge School of Technical Arts (RSTA) dimulai pada tahun 1888 atas inisiatif Frederick Hastings Rindge. Sekolah ini juga dikenal dengan nama Cambridge Manual Training School (CMTS) karena memakai kurikulum pendidikan kejuruan dari Cambridge. Waktu pertama sekali dibuka, sekolah RSTA merupakan sebuah percobaan yang menantang, karena bertujuan untuk m e m p r o m o s i k a n i n d u s t r i d a n appresiasinya untuk manfaat generasi muda Cambridge. 

Menurut Executive Director, Dr. Mike Ananis, hasil-hasil percobaan tersebut dapat dilihat di ruang pajangan dekat kantor Kepala Sekolah. Di sana terpampang berbagai ukiran tempahan besi (wrought iron sculptures) dan beberapa gelas ukiran tangan terbuat dari kayu apple. Produk-produk tersebut merupakan hasil olahan William G. Telfer, instuktur kerajinan pertama yang mengajar di sekolah ini periode 1889 sampai 1927. Keunikan karyakaryanya masih menginspirasi sampai sekarang. 

Sekolah RSTA mempunyai visi, misi dan motto yang unik. Visi dari sekolah ini adalah untuk menyediakan pendidikan tehnik terbaik bagi pelajar tingkat Sekolah M e n e n g a h A t a s d i N e g a r a b a g i a n Massachusetts, Amerika Serikat. Visi ini diwujudkan dengan melatih para pelajar dalam lingkungan berteknologi tinggi (hightech) dengan mengkombinasikan kurikulum yang menghubungkan pengembangan pengetahuan mereka dengan aplikasi langsung di tempat kerja. 

Untuk mencapai visi tersebut, sekolah RSTA menyiapkan sumber dan alat pengajaran yang berkualitas sebagai misi u t a m a n y a . B a h a n - b a h a n t e r s e b u t dipersiapkan secara modern dan memenuhi standar keamanan dan kesehatan. Sementara itu kurikulum menekankan kepada pelajar untuk meningkatkan keahliannya secara terus-menerus dan diajar oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu sekolah juga memperkuat hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar dan para orang tua murid untuk melengkapi kebutuhan sosial mereka. 

Motto dari sekolah RSTA adalah Where Excellence is Part of Our New Tradition (Dimana Keunggulan Merupakan Bagian Dari Tradisi Baru Kita). Guna mewujudkan tradisi keunggulan tersebut, sekolah RSTA mempunyai beberapa prinsip dasar (guiding principals), yaitu: 

§ Memfokuskan pada kesuksesan semua pelajar. 

§ Mempromosikan lingkungan yang berpengharapan tinggi, terhormat dan terpercaya. 

§ Menyediakan kurikulum yang sesuai bagi kehidupan para pelajar. 

§ Menekankan pada proses kelas demokratis dimana pelajar belajar secara mandiri dan berkelompok s a m b i l b e l a j a r n i l a i - n i l a i perbedaan. 

§ Merekrut, mempekerjakan dan melatih pegawai-pegawai yang berdedikasi, berkualitas dan professional yang memenuhi standard dan kebijakan sekolah. 

§ Mendukung system dan rencana pengembangan sekolah serta b e r k o n t r i b u s i t e r h a d a p implementasinya. 

§ Mempromosikan pengembangan berkelanjutan melalui kerjasama antara pelajar, keluarga, pendidik, dan masyarakat secara luas. 

Bibliography: 

Rindge School of Technical Arts. Retrieved August 24, 2 0 1 4 f r o m http://rsta.cpsd.us. 

© Akhi (Gombak: 24.08.2014, 10.00 p.m.
SHARE :
 
Top