Loading...

Sedekah merupakan hal yang p a l i n g m u l a i y a n g dianjurkan oleh agama kita Agama Islam. Sedekah pada dasarnya memberi sedikit rezeki yang kita miliki untuk orang lain. Mereka yang hidupnya kekurangan materi atau membutuhkan bantuan secara sosial, merekalah orang-orang yang berhak menerima bantuan dari kita. B a n y a k o r a n g y a n g m a s i h menganggap bersedekah sebagai bentuk buang-buang uang, atau setidaknya menganggap untuk apa memberi kepada orang lain sedangkan kita masih sangat kekurangan. 

Padahal disinilah bentuk pelajaran tentang makna keikhlasan dan kesyukuran serta belajar tentang kesabaran. 

1. Makna Sedekah yang Ikhlas. Saat kita memberikan sedekah kepada orang lain, maka disini letak ikhlas, redho yaitu memberi sesuatu yang masih kita perlukan kepada orang lain dengan benar-benar suka rela. Disini juga ujian kita, sanggup atau tidak kita melakukannya tanpa diketahui oleh orang lain. Tidak mudah melakukan hal ini. Karena membutuhkan hati nurani yang kuat untuk bisa ikhlas. 

2. Makna Kesyukuran. Makna sedekah juga merupakan tanda terimakasih kepada Sang Maha Pemberi rezeki yang telah memberikan kita rezeki lebih dari pada orang lain. Patutnya kita mensyukuri dengan memberi sedikit yang kita miliki kepada orang lain. Dengan kita bersedekah berarti kita telah meringankan beban orang lain. Kita tentu masih ingat dengan perintah Allah dalam Al- Quran yang artinya, “jika kalian mensyukuri nikmatKu, maka akan Aku tambahkan nikmatKu, jika kalian tidak mensyukurinya maka tunggulah azabKu sangatlah pedih”.. Jika kita tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, maka tunggulah sedikit demi sedikit nikmat yang telah ada, akan Allah cabut kembali apa itu berupa nikmat harta, sehat, anak istri maupun harta benda yang telah kita dapatkan dengan bersusah payah. 

3. Makna Kesabaran. Sabar merupakan suatu kekuatan, daya positif jiwa untuk menunaikan suatu kewajiban. Perintah sabar terdapat dalam Firman Allah yang artinya “dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat” Allah mencintai orang-orang yang sabar, “dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS:Al Anfal:146). Saat kita memberikan sedekah kepada orang lain juga membuktikan kepada kita bahwa kita termasuk orang yang bersabar, karena walaupun kita memiliki harta yang sedikit namun kita masih rela memberikan kepada orang lain. Kita mengacu pada sebuah hadis Rasulullah yang mengatakan bahwa, “sedekah tidak a k a n m e n g u r a n g i h a r t a ” (HR:Muslim). 

Wahai orang-orang yang memiliki hati tulus, hati yang ikhlas, marilah kita budayakan sedekah, memberi sedikit apa yang kita miliki. Dengan bersedekah kita menambah keluarga baru, teman baru dan kerabat baru. Kelak, jika kita butuh b a n t u a n , t i d a k m e n u t u p k e m u n g k i n a n m e r e k a a k a n membantu kita. Allah tidak pernah menutup mata mereka yang pernah kita bantu dengan sedekah yang ikhlas. B e r s e d e k a h l a h pada orang-orang yang m e m a n g b e n a r- b e n a r membutuhkan bantuan kita. Jangan pernah takut miskin karena sedekah, karena Allah Maha Kaya dan akan melipatgandakan pahala orang-orang yang ikhlas bersedekah.
SHARE :
 
Top