Loading...

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (22) 

The Rindge School of Technical Arts (Bagian 4 dari 8) 

D a l a m b a g i a n i n i P e n u l i s a k a n membicarakan lebih lanjut tentang pentingnya Community Service Learning dan Cooperative Education. Menurut Cicero, “Kita lahir untuk menyatu dengan manusia lain, dan untuk bersatu dengan komunitas yang lebih luas”. Dalam Islam kita juga diajarkan b a h w a s e s u n g g u h n y a A l l a h S W T menciptakan kita dari seorang laki-laki dan perempuan, kemudian menjadikan kita berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kita saling kenal mengenal (Q.S. Al-Hujurat: 13). 

Albert Einstein, sang ilmuwan jenius, berpendapat bahwa, “Tujuan pendidikan haruslah untuk melatih kemahiran berbuat dan berfikir individu, sehingga melahirkan pribadi yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya”. Apa yang kita pelajari di sekolah haruslah kita terapkan dalam kehidupan yang lebih luas, yaitu komunitas masyarakat. Sebuah pepatah Mesir menyatakan, “Education is what you know, not what's in the book” (pendidikan adalah apa yang kita ketahui, bukan apa yang ada dalam buku). Intinya adalah pendidikan itu bukan hanya di sekolah, tapi di mana saja kita berada. Untuk memudahkan mencapai tujuan maka diperlukan sebuah kerjasama. Inilah yang disebut dengan konsep cooperative education atau cooperative learning. 

Kerjasama adalah bahan bakar yang memungkinkan orang-orang biasa memperoleh hasil yang luar biasa (Andrew Carnegie). Sejarah mengajarkan kita bahwa Nabi SAW dapat membawa agama Islam ke puncak kejayaan berkat kerjasama dengan para Sahabat-Sahabat semua. Mereka saling bantu-membantu dalam melakukan semua aktivitas sehingga mendapatkan hasil yang gilang-gemilang. Nabi SAW juga terkenal sebagai seorang pemimpin dan juga pelayan (servant leadership). Beliau mengajarkan bahwa pemimpin adalah pelayan bagi ummatnya. Maka materi pelayanan masyarakat dan kerjasama sangatlah perlu di terapkan di sekolah-sekolah dan semua institusi pendidikan. 

Oleh karena itu konsep yang diterapkan oleh The Rindge School of Technical Arts akan sangat membantu kesuksesan pelajarnya di masa yang akan datang.

Bibliography: Gambar diambil dari Google Images. 

© Akhi (Gombak: 19.11.2014, 10.00 p.m.)
SHARE :
 
Top