Lamurionline.com--Aceh.  Pemerintah Aceh berencana memperluas Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Halaman Masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini nantinya dibangun dengan berbagai fasilitas baru untuk kebutuhan para pengujung.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, pada tahap awal pembangunan dimulai dengan pembuatan dua belas unit payung elektronik yang bentuknya sama persis dengan Masjid Nabawi.

Tahap selanjutnya kata Zaini Abdullah, dilanjutkan pembangunanbasement tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat, tempat wudhu, dan pembangunan berbagai sarana lainnya, seperti taman, ruang genset, pengolahan air limbah, drinking water system, dan perbaikan beberapa interior bangunan masjid.

Untuk membangun Masjid Raya Baiturrahman yang lebih indah ini, Pemerintah Aceh menggunakan dana APBD senilai Rp488 miliar.

“Masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah, tapi juga menjadi pusat berbagai kegiatan Islam di Aceh dan nusantara,” ujar Zaini Abdullah di Banda Aceh, seperti dilansir dari viva.co.id, Rabu, (29/7/15).

Area masjid ini juga akan diperluas mencapai delapan hektare dengan empat sisi. Di sisi barat, dimanfaatkan untuk gedung pusat pendidikan, seperti Taman Pendidikan Alquran.

Kawasan selatan akan dijadikan sebagai pusat berbagai aktivitas keislaman, seperti pembangunan guest house dan convention center.

Di bagian timur akan dibangun media center  Masjid Raya aiturrahman, departement store. Sedangkan pada sisi utara akan dibangun pusat percetakan dan galeri.

Untuk rencana pembangunan tersebut, kata dia, Pemerintah telah merincikan total dana yang akan dikeluarkan yakni sebanyak Rp1,4 triliun.

Diharapkannya pengembangan pembangunan Masjid Raya Baiturahman ini mampu memberikan kenyamanan baru bagi siapa saja yang datang beribadah ke Aceh.

Masjid Raya Raiturrahman Banda Aceh merupakan masjid yang bersejarah dan hingga kini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Aceh dan Indonesia

Dikutip dari kemdikbud.go.idMasjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, merupakan Masjid Negara yang berada ditengah-tengah Kota Banda Aceh atau di jantung kota Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M.

Dalam Riwayat mengenai pembangunan Masjid ini terdapat dua versi sejarah, sebagian sumber menyebutkan masjid ini didirikan pada 1292 Masehi oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah. Sementara, dari sumber yang lain menyebutkan masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 Masehi. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri



SHARE :
 
Top