Boleh saja kita mengejar materi duniawi dengan bekerja keras, tetapi kita tidak boleh abaikan ruang lain dari jiwa kita, yaitu ruang spiritual dan ruang untukkehidupan sosial dan keluarga. Idealism tersebut mungkin akan sulit dilakukan oleh sebagian orang. Namun jika ada kemauan, kitapasti bisa mewujudkannya. 

Ada beberapa langkah untuk kita ketahui bagaimana cara menyeimbangkan kerja dan istirahat. 

1. Maknai Tujuan Hidup Apa tujuan hidup kita saat ini? Jika tujuan kita ada materi semata, maka hidup kita akan dikejar oleh hawa nafsu duniawi yang membelenggu  diri. Namun ketika yang kita tujukan adalah keseimbangan hidup maka kita akan berusaha hidup seimbangdalam urusan dunia maupun urusan akhirat. 

2. Bekerja Secara Profesional S e o r a n g k a r ya w a n ya n g professional akan bekerja tepat waktu. Ia sangat mahir dalam mengatur waktunya, ia juga sangat disiplin dalam mengatur waktu untuk bekerja, urusan rumah tangga dan urusan sosialnya. 

3. Mengadakan Wisata Hati Wisata hati atau spiritual journey atau juga sering disebut dengan training spiritual menjadi sangat diperlukan, selain memperoleh ketenangan jiwa, ia juga berfungsi untuk men-charge kembali energy kita kepada sifat-sifat sang Pencipta, sehingga kita dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan selalu ingat kepada Allah serta merasa selalu di lihat oleh Allah sehingga kita tidak melakukan hal-hal yang di murka oleh Allah. 

4. Konsumsi Makan Bergizi Sering sekali kita lupa akan nutrisi dalam tubuh kita, kita mengabaikan masalah kesehatan tubuh. Padahal itu yang paling penting dalam melakukan aktifitas keseharian kita. Jika kita sakit maka seluruh kegiatan kita akan tertunda, maka dari itu kita perlu menyeimbangkan konsumsi makanan yang bergizi, sehingga kita bisa menghasilkan karya-karya yang gemilang dan terbaik. 

5. Luangkan Waktu Untuk Keluarga Keluarga merupakan bagian penting dalam hidup setiap orang. Baik yang sudah menikah maupun yang belum. Bersama keluarga kita bisa sharing tentangg banyak hal. Berkumpul dengan keluarga bisa membuat hidup kita damai dan bahagia. Untuk itu, meski kita sibuk 
dalam pekerjaan kita tetap luangkan waktu untuk keluarga, mereka yang dirumah juga perlu kasih sayang serta perhatian dari kita, bukan hanya materi yang meraka harapkan dari kita, namun kenyamanan juga sangat diperlukan. 

6. Menjalin Hubungan Sosial Ditengah aktivitas sebagai karyawan, kita juga sangat perlu menjalin hubungan baik dengan lingkungan sosial sekitar tempat tinggal kita. Memiliki sahabat atau teman yang banyak akan membuat kita lebih enjoy dalam menjalani hidup ini. Hidup akan lebih berwarna dengan banyak teman, bukan hanya lingkungan kantor tapi lebih luas dari itu. Dengan banyak bergaul maka akan terbuka peluang positif didalamnya, tentunya dengan cara pergaulan yang positif juga. 

7. Melakukan Hobi yang Menyenangkan Mengaktualisasi hobi akan membuat hari-hari kita menjadi jauh lebih menyenangkan. 

Dalam sebulan kita terus bekerja dan sibuk juga dengan aktifitas dirumah, tidak ada salahnya jika kita menghabiskan sedikit waktu pada hobi kita, itu juga akan membuat kita fresh dan urat-urat syaraf yang telah tegang akan kembali lunak. Dengan menjaga keseimbangan tersebut kita akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya: kesegaran, kekebalan tubuh, pasokan oksigen lancer, kemapuan berfikir luas dan sehat serta produktifitas tinggi. Selain itu, kita juga tidak akan kehilangan momen berharga dalam hidup bersama keluarga maupun dengan teman. Mulai sekarang mari kita fikirkan untuk mewujudkan ke- seimbangan hidup. Selesai.  
SHARE :
 
Top