Lamurionline.com--JAKARTA – Menko Perekonomian Sofyan Djalil menginginkan semua pegawai negeri sipil (PNS) memberikan konstribusi penuh merancang kebijakan pemerintah. Semua PNS harus bisa terlibat.
Sofyan menjelaskan, perumusan kebijakan seringkali hanya sampai eselon III‎ saja yang dilibatkan. Padahal, banyak sekali sumber daya manusia yang punya kualitas bagus.
“Kalau ada eselon IV, ajak diskusi. Libatkan mereka dalam perumusan kebijakan, Minta idenya. Jangan cuma suruh jadi tukang fotokopi,” ungkapnya saat pelantikan eselon II, di Graha Sawala, kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 24 Juli 2015.
Melibatkan para pegawai tersebut bisa sekaligus mendidik dalam perumusan kebijakan. Karena dalam beberapa tahun yang akan datang, kemungkinan pegawai inil yang nanti menjabat sebagai menteri.
“‎Mari kita didik mereka. Kita tampung segala macam bentuk ide-ide yang dilahirkan. Karena mereka adalah calon-calon menteri yang akan datang,” sebut Sofyan.
Selain itu, menurut Sofyan, harus ada dorongan bagi PNS untuk melanjutkan sekolah. Sehingga dalam kurun waktu beberapa tahun yang akan datang, PNS tersebut bisa kembali dengan kualitas yang lebih bagus.
“Kalau ada kesempatan, biarkan mereka sekolah.‎ Seperti Malaysia, China, Korea Selatan mereka biarkan orang-orangnya sekolah sebanyak mungkin ke luar negeri. Nanti kembali, bisa membantu banyak hal di negara ini,” pungkasnya.[] sumber: detik.com
SHARE :
 
Top