Loading...

Olok -olok atau yang lebih di kenal  dengan mengejek atau caci maki, meruapakan salah satu  perbuatan yang di benci bahkan di larang oleh Allah dan rasul nya Muhammad Shalalahu alaihi wa salam . 

Banyak ayat al-qur’an atau hadist yang menerangkan tentang haram nya mengolok – olok , seperti mengolok  Perkara Agama ,mengolok Perintah ALLAH, mengolok al-qur’an ,bahkan mengolok sesama manusia pun di larang oleh ALLAH Dan Rasul nya. 
Allah berfirman : 

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiridan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim".(Q.S Al-Hujarat:11) 
  
Dari ayat diatas dapat kita simpul kan bahawa olok-olok merupakan salah satu perkara yang di benci dan di larang oleh Allah,dan Jangan mencela dirimu sendiri Maksudnya ialah mencela antara sesama mukmin karana orang-orang mukmin seperti satu tubuh, dan byang di maksud dengan Panggilan yang buruk ialah gelar yang tidak disukai oleh orang yang digelari, seperti panggilan kepada orang yang sudah beriman, dengan panggilan seperti, Hai fasik, Hai kafir dan sebagainya. 

Sedangkan kerugian yang di akibatkan dari olok-olok tidak hanya menimpa seseorang yang di olok-olok, akan tetapi yang mengolok pun akan merasakan rugi baik di akhirat maupun di dunia . 

ada pun kerugian seorang pengolok di dunia adalah , orang-orang akan menjauh dari nya karna takut akan lisan nya yang suka mengolok orang lain, sedangakan di akhirat dia akan menerima siksaan yang amat pedih akibat dari perbuatan nya . 

apa bila seseorang mengolok Allah dan perkara islam lainya ‘maka ingat Allah tidak akan pernah rugi atas olokan tersebut karana Allah sang maha pengatur di muka bumi. 
Namun sayang tak semua muslim di Indonesia bahkan di dunia menghiraukan laranagan ini, bahkan tak tanggung-tanggung saat ini banyak orang yang telah berani mengolok saudara nya dia depan umum. 

Katakan saja si Bejo yang mengikuti audisi Stand up comedy acara yang akhir-akhir ini lagi booming di kalangan remaja . bejo pun rela menghina saudaranya sesama muslim demi menjadi pemenang pada audisi Stand UP Comedy yang di adakan oleh stasiun tv “A” ,

Sungguh tragis namun itu lah yang terjadi saat ini , di mana kita membuat orang tertawa akan olokan kita ,tapi ingat orang yang kita olok tidak akan pernah  rela dan ridho  akan olokan yang kita lontarkan dari lisan kita. 

Diakhir tulisan ini penulis mengajak kepada pembaca sekalian untuk senatiasa bertaqwa kepada Allah dan “SAY NO TO OLOK-OLOK”  karna untuk berprestasi tak harus mengolok,bagi yang terlanjur melakukan mari kita lembaran baru dengan terus bertaubat atas segala kekhilafan dan Dosa , karna sesungguh nya Allah Maha Pengampun dan penyayang atas Hamba nya.

SHARE :
 
Top