Lamurionline.com--Banda Aceh. Jelang penutupan masa pendaftaran peserta Pekan Pemuda Remaja Cinta Masjid Indonesia (PERTAMA) pada 5 April mendatang, BKPRMI Banda Aceh kembali mengingatkan para Keuchik se Banda Aceh untuk membantu mengirimkan peserta utusan masjid dan meunasah yang ada di gampong, minimal tiga orang. Demikian ungkapan Ustad Mulia Rahman, MA selaku Ketua Panitia PERTAMA, melalui rilis yang diterima Lamuri Kamis (31/3) usai bersilaturrahmi dengan pihak Kemenag Banda Aceh. 

Masa pendaftaran Pertama, sebut Mulia, berdasarkan surat yang beredar ke Kantor Keuchik se Banda Aceh, berlangsung sejak 5 Februari hingga 5 April 2016. Untuk calon peserta PERTAMA sudah waktunya mendaftarkan diri. “Kuota peserta PERTAMA untuk Banda Aceh, kita berikan 270 orang, sedangkan jumlah peserta PERTAMA dari seantero Aceh, kita targetkan mencapai 330 orang,” sebut Mulia yang juga Instruktur Nasional BKPRMI tersebut. 

Untuk pendaftaran peserta. Selain mengisi formulir PERTAMA, peserta juga disyaratkan memiliki keahlian tersendiri dalam pengembangan diri serta berusia 16 hingga 35 tahun. “Untuk setiap peserta kita syaratkan juga membayar infaq kegiatan. Bagi pemuda remaja masjid se Kota Banda Aceh, nilai infaq sebesar Rp. 100.000,-/orang sedang untuk pemuda remaja masjid seantero Aceh, infaq dikenakan sebesar Rp 250.000,-/orang,” ujar Mulia. 

Lebih lanjut, Mulia berharap agar para Keuchik di Banda Aceh dapat membantu membiayai kepesertaan PERTAMA yang berasal dari gampong asal peserta. Sementara bagi pemuda remaja masjid se Provinsi Aceh yang ingin ikut serta diminta untuk berkoordinasi dengan BKPRMI Kabupaten dan Kota yang ada. “Kegiatan PERTAMA kita arahkan untuk memotivasi diri para pemuda dan remaja agar slalu mencintai masjid dan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan ummat,” sebut Mulia. 

Sementara itu, Nazaruddin Ibrahim SE selaku SC PERTAMA, memastikan bahwa acara ‘cinta masjid’ tersebut akan berlangsung di 16 gampong yang ada di Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Acara PERTAMA akan dipadu dengan rangkaian kegiatan Rakernas BKPRMI, Rakornas LPPDSDM dan Kegiatan LMD II Regional I Sumatera. “PERTAMA ini akan jadi ‘branded’-nya Kota Banda Aceh memakmurkan masjid yang bersinergi dengan kegiatan shubuh keliling DKMA, Safari Dakwah Dai Perkotaan serta acara kemasjidan lainnya,” jelas Nazaruddin yag merupakan mantan Anggota DPRA periode 2009-2014 lalu. 

Menurut Nazar, sejumlah mata acara sedang dipersiapkan panitia. Termasuk pula persiapan akomodasi untuk peserta yang ditempatkan di rumah-rumah penduduk serta gedung aset gampong yang ada. “Secara kasat mata, persiapan sudah kian matang. Kita doakan tidak ada kendala apapun dalam acara PERTAMA 2016 ini,” sebut Nazar. 

Kegiatan ini sendiri mengusung tema berhimpun memakmurkan masjid menuju model masyarakat marhamah. (Red/MR)

Berikut Daftar Gampong penempatan PERTAMA 2016

No
Gampong
Jlh Org
No
Gampong
Jlh Org
1.  
Alue Deah Teungoh
58
1.    
Gampong Blang
69
2.  
Asoe Nanggroe
55
2.    
Lambung
72
3.  
Blang Oi
87
3.    
Lamjabat
75
4.  
Cot Lamkuweh
58
4.    
Lampaseh Aceh
68
5.  
Alue Deah Baroe
55
5.    
Punge Jurong
65
6.  
Alue Deah Glumpang
59
6.    
Punge Ujong
62
7.  
 Gampong Baro
54
7.    
Surien
58
8.  
Gampong Pie
50
8.    
Ulee Lheue
55
Jumlah
476
Jumlah
524
  Total
1000

SHARE :
 
Top