Loading...

Foto : Mariadi
- Ziarah ke Makam Teungku Nyak Fakinah 

Lamurionline.com – Kota Jantho. Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2016 di halaman SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Kecamatan Indrapuri, Kamis (10/11). 

Hadir dalam kesempatan itu, Plt Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, kepala SKPK, para camat, TNI/Polri, guru, pelajar, dan tokoh-tokoh masyarakat. 

Sementara itu, pada pukul 07.00 WIB, kemarin, Wabup bersama Forkopimda dan pejabat jajaran Pemkab Aceh Besar melakukan doa dan ziarah ke kuburan pahlawan perempuan dari Aceh Besar, Teungku Fakinah di Gampong Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga. 

Wabup Aceh Besar mengemukakan, peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan bangsa dalam perjuangan memperjuangkan kemerdekaan. 

“Kita sebagai rakyat Aceh, khususnya Aceh Besar yang juga ikut memperjuangkan kemerdekaan. Ini dibuktikan dengan tidak sedikit para pejuang Aceh terdahulu yang jiwa kepahlawanannya patut kita jadikan inspirasi dalam mengharumkan dan membangun daerah,” katanya. 

Baca Juga : Profil Teungku Fakinah 

Dikatakannya, setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya. Tantangan dan persoalan yang dihadapi saat ini memang berat. Akan tetapi, kita tidak boleh putus pengharapan. 

Para pahlawan kesuma bangsa mengajarkan pada kita arti penting perjuangan, ketabahan, dan harapan. Dengan demikian, siapapun yang ingin memiliki mutiara harus kuat menahan nafas, dan berani terjun menyelami samudera yang sedalam-dalamnya. Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2016, diharapkan semua pihak dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri, serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan Bangsa. 

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, makadiyakini bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa "pemenang" mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. 

Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu “Satukan Langkah untuk Negeri". Menurutnya, tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini. 

Selain itu, melalui peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya,peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pada kesempatan itu, Wabup Aceh Besar mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, dan berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, selamat Hari Pahlawan tahun 2016. (Adi Mariadi)
SHARE :
 
Top