Foto : Mariadi
Lamurionline.com--KOTA JANTHO. Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar menggelar Kemah Seniman ke-2 di Gedung PKK Kota Jantho, Sabtu (20/05/2017). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Wabup Aceh Besar Dr H Syamsulrizal MKes. 

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DKA Provinsi Aceh, Maida Atmaja, unsur pejabat SKPD, dan para seniman. Ketua penyelenggara, H Mariadi ST didampingi sekretarisnya, Abrar SPd menjelaskan, Kemah Seniman tersebut diikuti 100 seniman yang berasal dari berbagai kecamatan di Aceh Besar. 

“Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ‘Melalui Kemah Seniman diharapkan dapat dilestarikan seni dan budaya islami demi terwujudnya Aceh Besar yang mandiri, sejahtera, dan damai berdasarkan syariah,” katanya. 

Panitia juga memberikan bantuan dan santunan untuk 20 anak yatim yang ada di Kota Jantho. Ketua DKA Aceh Besar, Drs Burhanuddin MS MM mengungkapkan, Kemah Seniman tersebut juga menampilkan sejumlah kegiatan. 

Di antaranya, penyajian materi oleh narasumber yang terdiri dari Dandim 0101/BS, Kapolres Aceh Besar, Kajari Aceh Besar, dan Ketua Komisi V DPRK Aceh Besar. Sedangkan pada hari Minggu (21/05), materi akan disampaikan oleh Rektor ISBI Aceh, Ketua DKA Aceh Besar, Ketua DKA Provinsi Aceh, Media Hus, Jamal Putra, Asnawi, dan M Nawi Us Lhoknga. Pada malam hari, juga diisi penampilkan panggung seni yang berasal dari sejumlah sanggar di Aceh Besar. 

Dalam sambutannya, Wabup Aceh Besar Dr Syamsulrizal Mkes menyambut baik terlaksananya Kemah Seniman ke-2 tersebut. 

Diharapkan, kegiatan itu dapat lebih meningkatkan mutu dan gairah untuk pengembangan seni budaya di Aceh Besar. Secara khusus, Syamsulrizal mengharapkan kepada para seniman Aceh Besar yang selama ini telah begitu eksis dan terkenal, agar bisa melakukan pembinaan/regenerasi kepada kader muda, sehingga kelanjutan program seni dan budaya terus berkembang. 

“Saya bahagia, karena DKA Aceh Besar telah sukses menggelar Kemah Seniman yang sangat bermanfaat seperti ini,” ucapnya. 

Ketua DKA Provinsi Aceh, Maida Atmaja juga memberikan apresiasi kepada DKA Aceh Besar yang telah melaksanakan Kemah Seniman ke-2 itu. Ia berkeyakinan, acara seperti ini akan semakin memotivasi para seniman untuk terus berkiprah.(mariadi)
SHARE :
 
Top