Loading...

Foto: Kasi PMG/Rahmat M
Lamurionline.com. Indrapuri – Pemerintahan Gampong Lam Ilie Mesjid Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar Sabtu (21/10) malam menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKP Desa Tahun 2018).

Musyawarah dilakukan di Meunasah setempat dan diikuti peserta yang mewakili unsur BPD (Tuha Peut), Pemerintah Gampong, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, Kadus serta perwakilan pemuda.

Hadir juga Kasi PMG Mahdi dan pendamping desa Kecamatan yang terdiri dari PDP, PDTI dan PLD.

Musyawarah dipimpin langsung Sekretaris Gampong Lam Ilie Mesjid Jufri Rizal didampingi Keuchik Gampong Yuliadi, SE.

Kasi PMG Mahdi menyampaikan, bahwa musyawarah desa yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKP Desa Tahun 2018.

"Untuk diketahui, gampong Lam Ilie Mesjid merupakan gampong ke empat yang mengadakan RKP Des di Kecamatan Indrapuri. Nantinya gampong gampong lain akan mengadakan kegiatan yang sama. Total 52 Gampong yang ada di kecamatan Indrapuri,” kata Mahdi.

Ia berharap Musyawarah ini harus menyampaikan kebutuhan desa yang prioritas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Keuchik dan perangkat gampong harus bersinergi.

Setelah membuka Musyawarah Desa, pimpinan musyawarah mempersilakan Keuchik untuk menyampaikan pokok-pokok pembicaraan yang akan dibahas dan yang diusulkan warga melalui Kadus dalam Musyawarah tersebut.

Foto: Kasi PMG/Rahmat M
Pada kesempatan itu, Keuchik Gampong Lam Ilie Mesjid Yuliadi, SE menegaskan agar setiap perwakilan masyarakat desa yang hadir pada Musdes mengerti soal kebutuhan masyarakat, sehingga setiap usulan yang disampaikan merupakan prioritas pembangunan tahun 2018.

"Untuk saat ini RKP Desa kita memakai disain yang dipakai pagu tahun ini (2017), nanti jika ada perubahan pagu di tahun depan kita tinggal menyesuaikanya saja,” jelas Yuliadi.

Hal yang senada disampaikan PDTI Ika Yusra, ST.

Ia mengajak perangkat gampong dan masyarakat untuk lebih memilih skala prioritas dalam pembangunan yang akan dilakukan dan lebih bermanfaat langsung bagi masyarakat nantinya.

Setelah dicapai kesepakatan dalam Musdes, untuk dibidang pembangunan Gampong Lam Ilie Mesjid tahun 2018 prioritas diarahkan pada pembangunan 3 unit rumah sewa, peningkatan usaha ekonomi masyarakat, serta Bumdes.

Selanjutnya Keuchik Yuliadi mengatakan, bahwa pelaksanaan Musdes bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan desa.

Melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa melalui DD dan ADG.

Editor: Abrar
SHARE :
 
Top