Loading...

Foto: Ist
Lamurionline.com. Kota Jantho - Hingga Minggu Sore, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Besar baru menerima delapan partai yang telah menyerahkan persyaratan administrasinya sebagai peserta pemilihan umum tahun 2019. 

Kedelapan Parpol tersebut yakni, Partai Perindo, PKS, Gerindra, Golkar, Nasdem, PNA, Demokrat dan Partai Berkarya.

Sedangkan yang telah menerima tanda pendaftaran dari KIP Aceh Besar hanya dua partai saja, yaitu Partai Perindo dan Partai Berkarya.

Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fathillah, kepada wartawan mengatakan bahwa hingga Minggu telah menerima berkas persyaratan administrasi peserta pemilu dari tujuh parnas dan parlok.

Namun yang telah dapat diberikan tanda terima atas pendaftarannya atau penyerahan KTP anggota partai dimaksud hanya dua partai sedangkan yang lainnya masih dalam status dipending, karena di KPU pusat bagi parnas dan KPU provinsi bagi parlok belum terdaftar partai partai dimaksud, kecuali hanya dua partai yang telah siap hingga kepusat, yaitu, Partai Perindo dan Partai Berkarya.

"Enam dari delapan Parnas dan Parlok masih kita menunggu terdaftar di KPU pusat atau Provinsi terlebih dahulu, karena sistem pendaftaran berjenjang," kata Cut Agus yang di dampingi Komisionernya saat itu Junaidi.

Ketua KIP Aceh Besar yang ditemui di sela sela menerima pendaftaran Partai Berkarya saat itu, juga menginformasikan bahwa proses penerimaan pendaftaran atau penyerahan administrasi partai untuk menjadi peserta pemilu 2019, akan berakhir pada pukul 24.00 WIB Senin 16 Oktober 2017.

Menurut Ketua KIP ini akan ada 73 Parnas dan Parlok yang akan mendaftarkan diri sesuai dengan data yang dimilikinya dan jumlah partai yang telah disahkan oleh kemenkumham RI, untuk menjadi peserta pemilu 2019 mendatang.

Sejumlah persiapan, lanjut dia telah dipersiapkan oleh pihak KIP, karena dipastikan akan membludak para pengurus partai yang akan tiba di KIP besok untuk mendaftarkan diri.

"Pastinya besok akan antri pada pendaftaran disini, karena jumlah partai yang akan hadir jauh lebih besar ketimbang yang telah mendaftar,dan kita berharap semuanya dapat berjalan lancar dan tidak terkendala apapun juga" ujar Cut Agus.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Berkarya Kabupaten Aceh Besar, Yusri MJ didampingi Musa Alfadhil, usai melakukan pendaftaran partai Berkarya ke KIP Aceh Besar mengungkapkan rasa bersyukur atas lolosnya partai berlambang beringin muda itu dan langsung dapat menerima tanda pendaftarannya sebagaimana yang diharapkan. 

"Alhamdulillah, Sekali gerak langsung selesai dan telah dapat menerima tanda pendaftarannya, mudah mudahan juga lolos dengan baik dalam verifikasi nantinya," Kata Yusri di kantor KIP Aceh Besar, Minggu (15/10) sore tadi.

Terkait dengan target yang diharapkan dalam pemilu 2019 nantinya, Yusri mengidamkan mampu menduduki posisi ketiga dipemenangan nantinya dan untuk saat ini hanya satu kecamatan lagi yang belum terbentuk pengurusnya dari 23 Kecamatan yang ada di Aceh Besar.

"Kami menargetkan mampu menduduki posisi ketiga pada pemilu nantinya, dan dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan," ujar Yusri lagi.

Yusri didampingi oleh Sekretarisnya, dan sejumlah pengurus DPD Partai Berkarya  Kabupaten Aceh Besar, tiba di Kantor KIP Kabupaten Aceh Besar sekitar pukul 14.00 WIB Ahad Siang, dan disambut oleh Ketua KIP, Komisioner, serta Jajaran KIP setempat.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) setempat Syukurdi beserta seluruh anggota komisionernya. (Mag63)
SHARE :
 
Top