Grup Dalail Khairat asal Kuta Cot Glie
Lamurionline.com. INDRAPURI - Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, puluhan warga Lampanah Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar menggelar kenduri.
Warga membawa bu kulah dan idang meulapeh yang ditempatkan di atas nampan yang berisikan nasi putih, kudapan, lauk, dan kerupuk dan dibawa ke masjid Asy Syuhada Lampanah. Usai acara, hidangan tersebut dibagikan ke warga yang lainnya dan dimakan bersama.
Ketua Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah Husban Adnan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sehingga digelar pada setiap tahunnya. 
“Ini merupakan wujud memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,” katanya kepada Lamurionline.com, Minggu (07/01).
Hidangan Maulid
Dia menuturkan, masyarakat sangat antusias dengan upacara kenduri ini, apalagi perayaaan maulid juga diisi dengan lantunan Dalail Khairat yang dibawakan grup Dalail dari Kuta Cot Glie. Moment keagamaan selalu dikemas dengan spektakuler seperti pada peringatan, Idul Fitri, 1 Muharam, serta Maulid Nabi ini.
“Ada momen keagamaan yang selalu kami kemas dengan melibatkan puluhan warga untuk menggelar upacara kenduri,” ucapnya.
Masyarakat menghadiri Maulid Nabi
Pihaknya menambahkan, suasana kebersamaan, dapat terjalin ketika upacara kenduri seperti ini. Dia berharap, dengan acara kenduri Maulid ini dapat membuat masyarakat Lampanah membangun bersama. Sehingga nantinya acara ini akan menjadi agenda rutin tahunan yang akan selalu dilestarikan.
“Ini akan terus kami lestarikan, sehingga kegiatan keagamaan yang dikonsep dengan kenduri tidak punah hingga anak cucu nanti,” pungkasnya. 

Editor: Abrar

SHARE :
 
Top