Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) ACT Luncurkan Program Marhaban Yaa Dermawan - Lamuri Online
Loading...

Dok. Lamurionline.com
LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Marhaban Yaa Dermawan (MYD). Program ini bertujuan mengajak muslim sedunia memperbanyak amal saleh melalui program kemanusiaan di pelosok Indonesia hingga berbagai belahan dunia. Melalui program ini ACT juga mengajak para stakeholders untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan akselerasi kedermawanan.

Kepala Cabang ACT Aceh, Husaini Ismail, menjelaskan, rangkaian program MYD seperti pengimplementasian sumur wakaf sebelum Ramadhan dan rencana pengimplementasian paket berbuka puasa di Aceh. 

“Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan yang senantiasa dijadikan momentum pelipat gandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat muslim,” ujarnya saat coffee morning bersama rekan media dan peluncuran program MYD di Moorden Coffee, Banda Aceh, Rabu (24/4).

"Ada tujuh program andalan lainnya yang akan ACT lakukan selama Ramadhan, seperti Kapal Ramadhan, Tepian Negeri, Dapur Ramadhan, Berbagi Untuk Dunia Islam, Bantu Saudara Sebangsa, Qurban Lebih Awal dan Kesempurnaan Wakaf" sebut Husaini. 

Ia menambahkan, sekalipun Indonesia masih disibukkan dengan tema politik, Ramadhan merupakan momen menyatukan berbagai perbedaan. Di bulan yang suci ini, semuanya harus selalu ingat bahwa ekonomi sejumlah negara yang berpenduduk mayoritas muslim masih mengkhawatirkan, khususnya akibat konflik yang berkepanjangan, baik internal maupun eksternal.

Ramadhan sebutnya, merupakan kesempatan bagi muslim sedunia untuk berkontribusi dalam percepatan pengentasan kemiskinan melalui kedermawanan dan memuliakan sesama manusia. Pengentasan kemiskinan ini dapat dicapai juga dengan menaikkan gelombang investasi yang bertanggung jawab, memaksimalkan instrumen pendanaan Islam seperti zakat dan wakaf.

Bersamaan dengan peluncuran program “Marhaban Yaa Dermawan”, ACT juga memperkenalkan berbagai fitur terbaru untuk mempermudah keterlibatan khalayak dalam kegiatan kemanusiaan dan kedermawanan. Empat situs yang dihadirkan merupakan optimalisasi peran ACT sebagai lembaga kemanusiaan yang profesional, terutama dalam menyalurkan donasi umat lewat program-program Ramadhan mendatang. 

Empat situs baru tersebut, news.act.id, actnews.tv, act.id, dan cepattanggap.org. Keempat situs tersebut hadir untuk mengoptimalkan peran ACT sebagai lembaga kemanusiaan yang profesional, terutama dalam menyalurkan donasi umat lewat program-program Ramadan mendatang. 

news.act.id dan actnews.tv adalah untuk meningkatkan kualitas ACT dari segi komunikasi. ACT akan menayangkan semua informasi mengenai program-program Ramadan dalam bentuk berita artikel maupun video di kedua situs itu.

Adapun situs act.id dan cepattanggap.id berperan untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi melalui ACT. 

“Masyarakat hanya perlu mengakses satu situs untuk mendapatkan laman donasi yang juga dilengkapi dengan penjabaran program secara detail. Bahkan situs cepattanggap.id dirancang dalam konsep urun dana digital. Setiap program akan ditampilkan kisah dan pencapaian donasinya untuk mengundang empati masyarakat" ujar Husaini lagi.

Untuk diketahui, Aksi Cepat Tanggap sendiri adalah lembaga yang bergerak di bidang kemanusaian, kedermawanan dan kerelawanan. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat serta program berbasis spiritual. ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang mewakili kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan spirit kolaborasi kemanusiaan, ACT mengajak semua elemen masyarakat dan lembaga kemanusian untuk terlibat bersama untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik. (furqan/red)

SHARE :
 
Top