Loading...

Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I LEMBAH SEULAWAH - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi membuka Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Lembah Seulawah, yang berlangsung di UDKP setempat, Kamis (1/8).

Bahrul Jamil dalam sambutannya, mengatakan inovasi desa yang digelar tahun ini sangat berbeda dari yang sesudahnya. Kalau tahun dulu semua, 604 desa atau gampong yang ada di Aceh Besar sekali acara. Tapi, tahun ini dilakukan ditiap kecamatan. 

"Tiap kecamatan dimana camat semua perangkat gampong, tokoh masyarakat dan DPMG serta para pendampingdesa bersinergi untuk mengadakan dan menyukseskan bursa inovasi desa ini," katanya.

BJ sapaan akrab Bahrul Jamil pada kesempatan itu menjelaskan pemerintah mengulirkan BID hal itu dimaksudkan guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa. 

"Program Inovasi Desa telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," ungkapnya.

Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa. Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki. 

"Bursa Inovasi Desa sebagai penyempurnaan dan perbaikan dari perencanaan tingkat gampong melalui musyawarah dan membicarakan kegiatan untuk kemajuan gampong. Insya Allah tahun 2020 program yang diperuntukkan melalui dana desa lebih baik demi kesejahteraan masyarakatnya," tegas Bahrul Jamil SSos MSi.

Ia menambahkan bahwa penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Aceh Besar terus dilaksanakan hingga pertengahan Agustus ini, untuk tanggal 3 Agustus 2019 BID akan digelar di Kecamatan Darussalam, Baitussalam dan Mesjid Raya. 

"Insya Allah Minggu 4 Agustus 2019 juga dilaksanakan di Pulo Aceh," pungkas Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala DPMG Aceh Besar.

Ketua Panpel BID Kecamatan Lembah Seulawah, Mukhlis menyebutkan Bursa Inovasi Desa dihadiri 87 orang peserta terdiri dari keuchik tuha peut, tokoh perempuan dari 12 gampong, unsur Kantor Camat, Polsek, Koramil, TPID, pendamping desa, TAPM, TIK dan tokoh-tokoh masyarakat serta organisasi kemasyarakatan. 


"Harapannya Inovasi Desa kecamatan Lembah Seulawah 2019 mampu menghasilan berbagai program untuk membangun gampong lebih baik," ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan BID Kecamatan Lembah Seulawah, Camat Ilyas SPd, unsur Muspika, pejabat dijajaran DPMG Aceh Besar dan para para stakeholder lain untuk kemajuan program-program pembedayaan gampong. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top