dok. IST

LAMURIONLINE.COM | KUTA MALAKA -Masyarakat Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar, Minggu (26/01) menggelar pesta demokrasi pemilihan langsung Tuha Peut untuk periode 2020-2026.  

Acara yang di pusatkan di komplek Meunasah Tumbo Baro diikuti oleh 7 kandidat Tuha Peut laki laki yaitu Drs Bustaman, Jakfar SP, M Nursalim SAg, Abubakar, Munzir, Qusairi, Sofyan dan 3 kandidat dari perempuan Arzayani, Rusmina SPd dan Nurazmi. 

Dari 10 orang calon tersebut, 5 peraih suara terbanyak akan diusul ke Bupati Aceh Besar untuk di SK kan menjadi Tuha Peut.

Ketua panitia pemilihan Tuha Peut,  Tgk M Syafari SPdi MSi di dampingi Keuchik H Khalid Wardana MSi menjelaskan bahwa panitia telah siap menggelar proses pemungutan suara bahkan pihaknya telah meminta bantuan ke kantor KIP Aceh Besar untuk pemakaian bilik pencoblosan dan kotak suara. Panitia juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mengedarkan undangan resmi kepada setiap pemilih. 

Gampong Tumbo Baro yang berpenduduk 1.450 jiwa, 900 warga telah memiliki hak pilih. Panitia hanya mensyaratkan kepada pemilih untuk membawa KTP pada saat pencoblosan.

Panitia juga memberi peluang kepada para pemantau, penggiat demokrasi dan pemerhati masyarakat untuk ikut hadir menyaksikan pesta demokrasi  memilih wakil rakyat di lingkup  pemerintahan gampong, yang merupakan strata pemerintahan paling bawah dalam sistem pemerintahan di Indonesia. (hrm/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top