lamurionline.com -- Lhokseumawe : Dai kondang Aceh Tgk. Mulyadi M Jamil berhasil menulis buku tentang istilah-istilah Fikih mazhab Syafi'i. Buku Karya Tgk. Mulyadi M Jamil berjudul Kajian Komprehensif Muqaddimah Minhaj Syarh al-Mahalli merupakan karya penulis berlatar pendidikan pesantren.

"Alhamdulillah bukunya siap dipasarkan. Bagi yang ingin memdalami berbagai istilah dalam menyeleksi hukum Fikih," ungkap Tgk. Mulyadi penulis buku tersebut.

Buku tersebut editornya adalah Tgk. Syech Muhajir Usman, S.Ag.,L.L.M. diberi sambutan baik oleh Tgk. H. Muhammad Amin Daud (Ayah Cot Trueng), Tgk. H. Nuruddin M. Thaib (Abati Buloh) dan Dr. Tgk. Safriadi, S.H.I, M.A. 

Buku yang diterbitkan oleh Maghza Pustaka, Tayu-Pati, Jawa tengah dan ber-ISBN tersebut berisi tentang Istilah Nawawiyyah, Nama-nama Ashhabil Wujuh (mujtahid syafi'iyah), Penyebab khilaf seorang mujtahid dua pendapat atau lebih, Pendapat lemah dalam Minhaj yang dianggap kuat, Beberapa keganjilan pendapat Ashhab Syafi'i, Pendapat lemah dalam Minhaj yang tanpa redaksi Qil dan Fi Qaul, Perbedaan qaul Qadim dan Jadid dengan qaul Imam Syafi'i yang lain,  serta tambahan wawasan dalam lingkup Syafi'iah.

"Kami kemas segudang referensi meliputi 79 kitab rujukan, 851 foot note. Hampir 400 halaman," Tgk. Mulyadi menjelaskan.

Tgk. Mulyadi penulis buku ini merupakan salah satu alumni Dayah Abu Tanoh Mirah Peusangan Bireuen, sekaligus dai yang pernah berceramah di benua Eropa di hadapan warga muslim komunitas masyarakat Aceh, juga merupakan sosok pimpinan pesantren Sirajul Muna Desa Blang Crum, Muara Dua Kota Lhokseumawe. 


Tgk. Mulyadi

Dengan terbitnya buku ini telah menambah ragam khazanah katalog perpustakaan nasional karya penulis berlatar pendidikan pesantren.

Buku ini sangat cocok sebagai referensi pengajian untuk guru dan santri pesantren, menjadi rujukan Universitas Islam, IAIN, Mahad Ali, serta menjadi bacaan untuk kalangan masyarakat umum.

Buku yang sangat bagus dan rapi ini ditulis dengan bahasa yang khas bercorak bahasa pesantren. Tgk. Mulyadi sangat piawai menjelaskan isi buku tersebut seperti mahirnya beliau berceramah di atas mimbar. Kali ini Tgk. Mulyadi M Jamil berdakwah melalui buku, beliau berceramah dalam media karya.

Segera miliki!

(Laporan: Hamdani Mulya)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top