Pelatih fisik, Saiful Imran (jongkok) saat memimpin tes fisik pemain futsal Pra PORA Kota Banda Aceh di lapangan Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (01/08/2021).

LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH – Para pemain futsal Kota Banda Aceh yang sedang dipersiapkan untuk mengikuti Pra PORA 2021 menjalani tes fisik di lapangan Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (01/08).

Tes tersebut ditangani langsung oleh salah satu pelatih fisik terbaik Aceh saat ini, Saiful Imran. Ia dibantu oleh 7 tester lainnya. Adapun Saiful Imran sendiri merupakan pelatih fisik tim futsal Kota Banda Aceh di ajang Pra PORA 2021.

“Tes fisik hari ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi fisik awal dari para pemain. Mareka dilihat kemampuan fisiknya, untuk diukur apa yang perlu ditingkatkan. Setelah tes tersebut kita akan mengetahui kekurangannya dan itu nantinya yang akan diperbaiki,” kata Saiful Imran.

Mantan pemain Timnas pelajar ini menambahkan adapun materi-materi yang di tes diantaranya lari sprint 20 meter untuk mengukur kecepatan dan T tes untuk kelincahan. Selain itu juga push up dan sit up untuk mengetahui kekuatan serta lari keliling lapangan selama 15 menit yaitu untuk melihat daya tahan para pemain.

“Hasil keseluruhan dari tes fisik ini akan diserahkan kepada pelatih kepala. Dengan mengacu dari hasil tersebut sehingga nantinya staf kepelatihan dapat menyusun program latihannya,” kata Saiful Imran.

Saiful Imran menambahkan ada beberapa pemain yang bermasalah dengan berat badannya. Ada pemain yang kelebihan berat badan dan ada juga yang kurang berat badannya. Akan tetapi ia yakin kondisi tersebut akan dapat diatasi sejalan dengan program latihan yang diterapkan pelatih kepala. 

“Selanjutnya akan dibuat juga program khusus untuk latihan fisik. Sehingga diharapkan dalam waktu yang satu bulan ini mudah-mudahan kondisi fisik pemain dapat terus meningkat dan berada di level maksimal. Dengan demikian mareka akan nyaman ketika bertanding,”pungkas Saiful Imran. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top