Para peserta sedang mengikuti Rapat Kerja (Raker) Tahunan Dayah Darul Quran Aceh di Kumala Hotel, Lamteuh, Banda Aceh, Minggu (01/08/2021).

LAMURIONLINE.COM I ACEH - Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2021/2021, Dayah Darul Quran Aceh (DQA) menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahunan di Kumala Hotel, Lamteuh, Banda Aceh, Minggu (01/08). 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly, Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA itu diikuti oleh 28 peserta yang merupakan pengurus Yayasan Wakaf Haroen Aly dan juga para pimpinan di Dayah DQA.

Ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly, Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA dalam sambutannya mengatakan raker tahunan tersebut merupakan inisiasi yang sangat positif dan tetap dilaksanakan pada setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan dalam raker tidak hanya merencanakan kegiatan tapi juga memotret keberadaan hari ini, capaian dan peningkatan yang harus dilakukan di masa yang akan datang. 

“Kegiatan pendidikan dan pembinaan di Pesantren harus dilakukan secara terintegrasi dan dibingkai dengan nilai-nilai keikhlasan yang tinggi. Tanpa hal itu maka akan sulit membangun pesantren yang akan melahirkan generasi penerus yang berguna bagi agama, bangsa dan negara,” kata Yasir Yusuf.

Ia menambahkan raker tersebut juga bertujuan untuk mensosialisasikan rencana kerja dan kegiatan selama tahun ajaran 2021/2022 beserta kebutuhan anggarannya dari semua divisi yang ada di Dayah DQA. Sejumlah rencana kerja tersebut akan mendapatkan tanggapan dan keputusan dari para anggota yang hadir dan selanjutnya akan dijalankan sesuai perencanaan yang ada dalam program.

Adapun divisi yang ada di Dayah DQA, yaitu divisi sekolah, ta’limul quran, pengasuhan dan pembinaan santri, inventaris aset, tata kelola dan kesekretariatan.


“Dengan adanya raker ini diharapkan program kerja dan perencanaan RAB dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dalam mengevaluasi hasil-hasil pelaksanaannya dan menciptakan efisiensi penggunaan anggaran,” kata Yasir Yusuf. 

Sementara itu Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar, MA mengajak semuanya untuk senantiasa menampilkan nilai, cita dan rasa kepada para santri untuk menghasilkan output yang bagus.

“Kita berharap para santri di Dayah DQA ini selain mampu menghafal AlQuran, juga mahir berbahasa arab dan bahasa inggris. Selain itu yang paling utama adalah mendapatkan nilai yang kongkrit dihadapan Allah SWT. Semoga tujuan yang baik ini bisa menghasilkan peserta didik yang lebih baik di tahun ajaran 2021/2022,” kata Ustaz Hajarul Akbar.

Dalam raker itu juga dibahas beberapa agenda dayah di awal tahun ajaran baru, diantaranya kesiapan asrama, kesiapan ruang belajar dan kesiapan seluruh civitas akademika Dayah DQA. Kegiatan itu diakhiri dengan presentasi rencana program dari setiap divisi didepan semua peserta raker. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top