dr. Mursyidah, SpS, Direktur RSUD Aceh Besar

lamurionline.com -- Kota Jantho : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Besar terus melakukan perbaikan dan berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Aceh Besar dengan penambahan dokter speasialis yang bertugas di rumah sakit daerah,” kata dr. Mursyidah, SpS, Direktur RSUD Aceh Besar, kepada posaceh.com, diruangkerjanya, Senin (7/2/2022).

Menurutnya, RSUD Aceh Besar saat ini memiliki dokter spesialis penyakit dalam berjumlah tiga orang, spesialis anak tiga orang, spesialis bedah dua orang.

“Kemudian untuk spesialis saraf yang definitif ada saya sendiri dan juga ada dokter tamu yang kita datangkan, selain itu juga kami menghadirkan dokter THT dan mata untuk memberikan pelayanan kesehatan di RSUD Aceh Besar,” katanya,

Begitupun, untuk meningkatkan pelayanan, pihak RSUD juga melayani imunisasi dan akupuntur, dan kita juga sedang sosialisasikan untuk menanam tanaman yang mengandung obat-obatan kepada masyarakat. “Berbagai layanan kita berikan untuk masyarakat di RSUD termasuk dengan pelayanan akupuntur, tapi khusus untuk akupuntur biayanya tidak ditanggung oleh BPJS,” terang dr. Mursyidah, SpS.

Jika melihat geografis Kabupaten Aceh Besar yang sangat berpencar, dr. Mursyidah, SpS, menegaskan bahwa pelayanan kesehatan memang susah untuk menjangkau sampai daerah yang jaraknya sangat jauh, namun pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang optimal melalui Puskesmas terdekat di wilayah tersebut.

“Memang ini menjadi kendala tersendiri, namun melalui Puskesmas terdekat kita berharap pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa optimal, untuk rujukan bisa diberikan ke rumah sakit terdekat dengan wilayah itu, yang penting masyarakat dapat pelayanan kesehatan yang sesuai,” ujar Mursyidah.

Untuk tenaga medis yang melayani di RSUD Aceh Besar saat ini sebanyak 400 orang, namun jumlah yang masih kekurangan tenaga perawat.

“Jumlah seluruhnya tenaga medis di RSUD Aceh Besar, ada sekitar 400 orang, namun kita masih membutuhkan tenaga perawat agar pelayanan kesehatan di rumah sakit jadi lebih maksimal, meskipun Pemerintah telah merekrut tenaga medis khusus perawat, tapi untuk terus memberikan layanan yang optimal, kita butuh banyak tenaga perawat,” ucapnya.

Mursyidah optimis RSUD Aceh Besar mampu memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Aceh Besar, meskipun saat ini fasilitas gedung RSUD sangat kecil.

“Kita tahu fasilitas gedung RSUD masih terbatas, tapi dengan semangat kerja untuk mesayarakat, saya yakin RSUD mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat Aceh Besar,” tegasnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Kasubbag Umum RSUD Aceh Besar, Rizki Hidayattuloh SSTP, bahwa saat ini RSUD terus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat meskipun memang gedung RSUD sudah sangat sempit.

“Memang gedung yang kita miliki sangat sempit saat ini, namun pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan tanggung jawab yang harus kami berikan,” katanya.

Ia berharap, masyarakat Aceh Besar menjadikan RSUD sebagai layanan kesehatan yang utama agar SDM yang dimiliki oleh RSUD bisa menjadi semakin berkembang, dan untuk Pemerintah Daerah Aceh Besar agar tetap mendukung RSUD sebagai pusat layanan kesehatan bagi masyarakat Aceh Besar.

“Kami semua beraharap masyarakat memanfaatkan layanan kesehatan yang ada di RSUD ini, begitu juga dengan Pemerintah Aceh Besar, agar terus mendukung RSUD menjadi besar dan mampu melayani kebutuhan kesehatan bagi masyarakat,” pungkasnya (Cek Man/Muiz)

SHARE :
 
Top