lamurionline.com -- Aceh Besar : Puluhan aparatur Desa Pedegok Kecamatan Pegasing Aceh Tengah, Kamis (16/6) melakukan kegiatan studi banding ke Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar untuk mempelajari tentang tata kelola administrasi desa, pemberdayaan BUMDes dan peningkatan kapasitas aparatur.


Kedatangan tim yang di pimpin Reje Pedegok Nurdin Taha bersama Tenaga Ahli (TA) Aceh Tengah Atini SE, Kasi PMK Pegasing Suardi ST, sekdes Supriadi dan aparatur lainny di sambut Keuchik Tumbo Baro Rusydi, Tuha Peut Drs Bustaman, sekretaris gampong Ikhsan SPd MPd , para kaur dan kepala dusun.



Menurut Sekretaris Gampong Tumbo Baro Ikhsan MPd, dalam menerima peserta studi banding ini pihaknya mengundang 2 orang narasumber yaitu Teuku Badlisyah MPd (TA Kabupaten Aceh Besar) dan H Khalid Wardana SAg MSi (Keuchik Tumbo Baro periode 2015-2021) yang telah berhasil mengantarkan Gampong Tumbo Baro ke pentas nasional tahun 2017.


Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan, aparatur desa Pedegok sangat tertarik dan berdiskusi tentang berbagai program yang telah berjalan di Tumbo Baro seperti penataan administrasi, pengelolaan aset dan Bumdes, kegiatan simpan pinjam dan lembaga baitul mal gampong.


Dalam penjelasannya mantan keuchik Tumbo Baro KH Khalid Wardana menyampaikan tentang strategi dan langkah yang telah di lakukan untuk membawa kemajuan gampong seperti menjaga kekompakan aparatur gampong, memberdayakan potensi dan lembaga yang ada, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan  keuangan dan kegiatan. 


Lebih lanjut Keuchik Khalid Wardana berharap agar para aparatur gampong harus punya dedikasi, tanggung jawab dan mau belajar. Jangan anggap sepele, karena aparatur gampong sebagai pelayan bagi masyarakat. Dulu kami belajar dan studi banding ke beberapa gampong di Aceh Besar seperti Blang Krueng, Gue Gajah bahkan berkunjung ke desa di luar Aceh, kita harus terus belajar dan berkarya "bek lagee cangguk di miyup bruek" ungkap H Khalid Wardana. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top