LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Sebanyak 7 desa di Kecamatan Indrapuri mendapatkan piagam penghargaan tercepat dalam penyaluran Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2022 dari Gubernur Aceh. Piagam tersebut diserahkan Camat Indrapuri, Senin (25/07) secara simbolis di ruang kerjanya. 

Penyaluran DD tersebut juga tercatat di data Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) KPPN Banda Aceh. Ketujuh Gampong tersebut, yaitu Lampanah Tunong, Lampanah Ranjo, Lampanah Teungoh, Lampanah Dayah, Mon Alue, Seuot Baroh dan Lam Ilie Teungoh. 

Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM mengapresiasi kepada Pemerintah Gampong tersebut yang telah berupaya sehingga tersalurkan DD Tahap I dan BLT DD. Adapun jumlahnya untuk DD Tahap I Non BLT sebesar 40% dari Pagu DD dikurangi BLT untuk 3 bulan dan untuk BLT Desa sebesar Rp300 ribu dikalikan jumlah KPM masing-masing desa. 

"Penyaluran DD tersebut merupakan yang tercepat untuk lingkup kecamatan Indrapuri untuk tahap 1. Saat ini Kecamatan Indrapuri penyaluran DD tahap 2 juga sudah selesai" ujar Irda Junaidi. 

Diharapkan, dengan telah tersalurkannya DD tahap I dan II serta BLT Desa tahun 2022, dapat segera dimanfaatkan Gampong untuk melaksanakan program prioritas desa yang telah dituangkan dalam APBG masing-masing Gampong. Antara lain untuk mendukung pemulihan ekonomi dan mengurangi dampak adanya pandemi Covid-19 melalui BLT. 




Saat ini, Camat Indrapuri juga terus memacu penyaluran Dana Desa Tahun 2022 tahap ketiga, yang saat ini sebanyak 15 Gampong telah cair. 

Adapun beberapa gampong di Kecamatan Indrapuri yang telah salur DD Tahap III berdasarkan data monitoring DD sampai saat ini, yaitu, Gampong Reukih Dayah, Cot Kareung, Pasar Indrapuri, Lam Ilie Teungoh, Meunara, Sihom Cot, Seuot Baroh, Seuot Tunong, Lampanah Baro, Lampanah Ranjo, Lampanah Tunong, Lampanah Teungoh, Lampanah Dayah, Mon Alue dan Ulee U 

"Tentunya ini bisa menjadi contoh bagi Gampong yang lain, agar DD lebih cepat bermanfaat bagi masyarakat guna penanggulangan dampak adanya pandemi Corona maupun dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional" lanjut Irda. 

Camat Indrapuri pada kesempatan itu juga berterimakasih atas kerjasama berbagai pihak di kecamatan terutama Kasi PMG dan Staff serta para Tenaga Pendamping Profesional baik PD maupun PLD yang terus mendorong kepada Gampong yang belum salur untuk dapat mempercepat proses usulan DD sebagaimana persyaratan penyalurannya, sehingga Dana Desa segera bisa bermanfaat bagi masyarakat.  

Editor: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top