lamurionline.com, Aceh Besar : Tim Penggerak PKK (TP-PKK) bersama dengan Tim Kecamatan Darul Kamal laksanakan program Saweu Gampong, program tersebut dilaksanakan sebagai upaya memaksimalkan pelayanan serta pembinaan terhadap tata kelola pemerintahan gampong.

Camat Darul Kamal Subhan, SE. MM Mengatakan program Saweu Gampong ini pertama kali dilakukan di Gampong Lambleut Kecamatan Darul Kamal pada 1 september 2020 yang lalu. 

"Program Saweu Gampong ini pertama kali dilaksanakan di Sekretariat Kantor Camat Darul Kamal bersama FORKOPIMCAM dan TP PKK Darul Kamal guna memaksimalkan pelayanan serta pembinaan terhadap tata kelola pemerintahan gampong," katanya, Jumat (23/9/2022). 

Menurutnya, tujuan utama program Saweu Gampong ini agar mempermudah memonitoring dan evaluasi pelaksanaan dan tata kelola administrasi pemerintahan ditingkat gampong, Tim dari kecamatan terdiri dari camat, sekcam, semua kasi dan kasubbag serta segenap unsur terkait (PD, PLD, TKSK, dan Pendamping PKH) serta unsur lainnya.

"Masing-masing melakukan pembinaan sesuai dengan tupoksinya di tingkat pemerintah gampong dengan harapan terjalinnya koordinasi dan kolaborasi antara sekretariat kecamatan dengan aparatur gampong," ujarnya.

Subhan  mengharapkan,  dengan adanya program Saweu Gampong tersebut, mudah-mudahan akan terciptanya sistem pemerintahan gampong yang bersih dan akuntabel.

"Melalui program ini juga akan mempermudah alokasi dana di pemerintahan gampong dan tepat sasaran sesuai dengan RKPG yg telah disusun," tuturnya.

Subhan juga menyampaikan, program Saweu Gampong ini ditujukan untuk semua gampong dalam wilayah Kecamatan Darul Kamal. Dan untuk jadwal mulai 1september s/d 29 september 2022.

"Akan tetapi jadwalnya nanti akan disesuaikan dengan agenda Camat, karena Camat berkomitmen untuk dapat hadir disetiap gampong yang akan disaweu. Dan masyarakat setempat juga menyambut baik terhadap program dalam upaya edukasi dari pemerintah kecamatan," pungkasnya. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top