LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Pemerintah Gampong Reuhat Tuha Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar, Jumat (7/10) malam menggelar ceramah agama, doa dan meuramin dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah. Acara yang dilaksanakan pada komplek Meunasah Gampong dihadiri ratusan masyarakat, Aparatur Gampong, Tuha Peut, serta santri dan wali santri pengajian. Kegiatan berlangsung mulai dari Salat Maghrib berjamaah, ceramah agama serta doa , Salat Isya berjamaah yang diakhiri dengan meuramin (makan malam bersama).

Tgk Iskandar SFil I dalam ceramahnya mengatakan bahwa peringatan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, tujuan utamanya adalah untuk memuliakan dan menyatakan terima kasih kepada Rasulullah, karena selama hidupnya, Beliau telah mencurahkan segenap jiwa raganya untuk menyelamatkan kehidupan manusia dari kesesatan, kegelapan dan kebodohan menuju kehidupan yang lurus, terang benderang, berbudaya dan beradab, menuju kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat" sebut Tgk Iskandar yang juga sebagai Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukamakmur dan teungku seumeubeud Gampong Reuhat Tuha. 


Keuchik Gampong Reuhat Tuha, Faisal Yusri ST dalam sambutannya mengatakan bahwa acara menyambut Maulid Nabi ini telah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat sejak dahulu, sehingga menjadi agenda tetap tahunan Pemerintah Gampong Reuhat Tuha sebagai syiar memuliakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan kekompakan masyarakat.

Tgk.Alkausar SPd selaku Imuem Meunasah Gampong Reuhat Tuha menyampaikan hal yang sama, bahwa acara ini terselenggara atas dukungan seluruh element masyarakat mulai dari gotong royong persiapan tempat hingga sedeqah nasi (bue kulah). Semuanya masyarakat yang persiapkan sebagai bentuk kecintaan terhadap Nabi. Tgk Kausar juga mengatakan bahwa di Gampong Reuhat Tuha Maulid Nabi dilaksanakan sebanyak 2 tahap pertahun, yaitu acara menyambut Maulid dan acara Peringatan Maulid Akbar. 

"Pada acara peringatan Maulid Akbar akan dilaksanakan mulai tanggal 5 – 12 November 2022 dengan serangkaian acara mulai dari Musabaqah Tilawatil Qur’an se Gampong Reuhat Tuha, Ceramah Agama, Penampilan Dikee,serta Kenduri Maulid" ujarnya. 

Reportase: Baihaqi

Editor: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top