Ketua MKKS SMA Kota Banda Aceh saat memantau palaksanaan try out di SMA Negeri 3 Banda Aceh, Kamis (19/01/2023)

LAMURIONLINE.COMN I BANDA ACEH - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS-SMA) Kota Banda Aceh bersama MKKS SMA Aceh besar menggelar try out untuk persiapan para siswa kelas III SMA masuk perguruan Tinggi, Kamis (19/01). 

Try out dengan sistim Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) itu berlangsung di sekolah masing-masing itu dikuti oleh sekitar 4.000 siswa-siswi SMA se Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ketua Panitia Pelaksana Azhar Annas, ST mengatakan bahwa  kegiatan tahunan ini  sudah di mulai tahun 2020/2021 kerjasama dengan sekolah-sekolah di Banda Aceh di bawah koordinasi MKKS SMA Kota Banda Aceh dan MKKS Kabupaten Aceh Besar serta bekerjasama dengan SMA Tengku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

“Ini merupakan tahun ketiga kita melaksanakan try out yang didasari dengan semangat bersama dalam rangka  meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Tahun ini skalanya diperluas dengan mengajak SMA, SMK dan MA di Banda Aceh dan Aceh Besar,” kata Azhar Annas.

Azhar Annas menjelaskan tujuan dari try out tersebut untuk memotivasi siswa-siswa di Aceh agar terus mengembangkan diri dengan melanjutkan studi ke universitas-universitas terbaik dan mempersiapkan mareka untuk menghadapi ujian masuk universitas. 

“Selan itu membantu sekolah dalam meningkatkan kompetensi lulusan yang mampu bersaing di tingkat pendidikan tinggi,” kata Azhar Annas.

Sementara itu Ketua MKKS SMA Kota Banda Aceh, Zulfikar SE MSi menyampaikan bahwa try out tersebut direncanakan akan dilaksanakan sebayak tiga kali sampai dengan bulan Maret 2023. Adapun peserta yang ikut diperkirakan 3.000 siswa SMA dari Banda Aceh dan 3.000 siswa SMA dari Aceh Besar serta ditambah dengan sekitar 1000 siswa MA dari Banda Aceh.

“Berkaitan dengan soal yang di uji, kita buat semirip mungkin dengan Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT) terbaru diantaranya Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) serta penalaran matematika,” kata Zulfikar.

Sejalan dengan itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd M.Pd menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh MKKS Kota Banda Aceh itu. Apalagi dengan melibatkan juga MKKS SMA Aceh Besar dan ini bagian dari upaya untuk meningkatan mutu lulusan siswa di kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

“Kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan try out pertama ini semoga mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal,” pungkas Syarwan Joni. (murdani/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top