LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, menyelenggarakan program sertifikasi pembimbing haji dan umrah angkatan pertama secara mandiri.

Mewakili panitia dalam sambutannya Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menyampaikan bahwa kegiatan ini direncanakan akan akan ada tahap kedua dan ketiga dalam tahun ini.  Hal yang sama juga disampaikan H. Azhar, M.A mewakili Kanwil Kemenag Aceh, bahwa kerjasama ini cukup strategis antara UIN Ar-Raniry dan Kanwil Kemenag Aceh dalam melahirkan pembimbing manasik haji dan umrah yang bersertifikat/terstandar.

Pembukaan acara tersebut dibuka secara resmi Rektor UIN Ar-Raniry, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Saifullah Idris, MA. Dalam sambutannya Prof Saifullah menjelaskan, saat ini semuanya harus terstandar, sehingga sertifikasi haji dan umrah ini menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan standarisasi petugas/pembimbing haji dan umrah. 

Sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah ini digelar di Hotel Al-Hanifi Banda Aceh dan akan berlangsung dari tanggal 6 - 13 Februari 2023, dengan target tercapainya 75 jam pelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta dari berbagai daerah, baik dari Provinsi Aceh dan luar Aceh. Peserta terdiri dari berbagai unsur, diantaranya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), travel haji dan umrah, akademisi dan pegawai Kementerian Agama, hal ini sebagaimana diungkapkan Dr. Abizal M. Yati, Lc., MA selaku Ketua Prodi Manajemen Dakwah dan Asesor Sertifikasi Haji dan Umrah, yang didampingi Dr. Sabirin, M.Si selaku Ketua Panitia dan juga Wakil Dekan 3 FDK UIN Ar-Raniry.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top