lamurionline.com -- Banda Aceh- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh membuka pelayanan pembuatan identitas kependudukan digital atau digital.id untuk ASN di lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh, Selasa (7/02/2023).

Kepala Disdukcapil Banda Aceh Dra  Emila Sovayana, MSi mengatakan, identitas kependudukan digital merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

"Dalam aplikasi ini tersedia berbagai macam fitur, terutama tentang identitas kependudukan seperti KTP digital, data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik dan lain-lain," kata Emila.

Oleh karena itu, Emila mengajak ASN dan masyarakat umum untuk mengaktivasi identitas kependudukan digital tersebut, karena dapat mempermudah layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat.


Emila menambahkan, identitas kependudukan digital dapat mempermudah verifikasi data diri, mempermudah pengaksesan pelayanan publik dalam menu Kependudukan terdapat file KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital. 

“Sedangkan pada menu lainnya terdapat informasi histori vaksin Covid-19, NPWP, Informasi Badan Kepegawaian Negara, serta Daftar Pemilih Tetap Tahun 2024, selain itu mempermudah mengakses data anggota keluarga," kata Emila. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top