Usia nya tak lagi muda, 

Pemegang "kunci" Gunung Leuser yang akrab dipanggil Mr Jali terserang stroke. Kini ia harus terbaring di ruang rawat inap Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh.

Tour Guide kawakan ini dikabarkan mengalami tekanan darah tinggi hingga terserang stroke.

Ia tersenyum saat melihat anggota DPR RI Asal Aceh H Irmawan menjenguknya ke rumah sakit.

Kini kesehatannya mulai membaik dan dipantau oleh dokter.

Sejak tahun 80-an, Mr Jali merupakan tokoh perintis jalan pendakian menuju puncak gunung Leuser.

Ia sangat peduli terhadap pelestarian hutan di kaki Gunung Leuser. Dirinya kerap menghimbau larangan perusakan hutan.

Mr Jali mendirikan Bungalow di dalam hutan tepatnya di pintu masuk pendakian Gunung Leuser, Desa Kedah Kecamatan Blangjerango agar mudah melakukan pengawasan dari para "penjahat" hutan.

Menjadi pemandu bagi setiap wisatawan yang ingin mendaki ke puncak gunung tertinggi di Aceh itu. Profesi guide sudah dilakoninya sejak remaja, 1980 silam. Dia juga membangun pondok-pondok di kaki gunung, untuk menampung para pendaki, diberi nama Rainforest Lodge, Kedah, Desa Kedah, Kecamatan BlangJerango, Kabupaten Gayo Lues.

"Kita harus berterimakasih kepada mister jali yang rela mendedikasikan hidupnya untuk menjaga kelestarian hutan leuser dari penjarahan" ujar Irmawan saat menjenguk Mister Jali di RSU Zainal Abidin Banda Aceh Sabtu (4/2).

Irmawan mengisahkan mister Jali tinggal bersama Istri dan anaknya. Bungalow miliknya kerap menjadi persinggahan para pencinta alam baik dari dalam maupun dari luar negeri. Khususnya yang ingin mendaki puncak Leuser.

Pemerintah daerah wajib memberikan apresiasi tinggi kepada Mister Jali atas pengabdiannya kepada Leuser.

"Niat mulianya menjaga alam, mempromosikan wisata leuser kepada manca negara, para peneliti alam harus diapresiasi, saya rasa pemerintah daerah harus memberikan kompensasi dengan mendampingi proses penyembuhan beliau di RS" ujar Irmawan

Bagi Irmawan sosok Mister Jali adalah salah satu pahlawan tanpa tanda jasa. Ia rela menghibahkan hidupnya untuk melestarikan alam leuser.

"Sosok Mister Jali adalah duta wisata bagi dunia, saya menaruh simpati atas apa yang menimpa beliau dan mengajak semua pihak terutama pemerintah untuk memberikan perhatian bagi penyembuhan sakit yang diderita oleh mister jali" tutup Irmawan. (munawar/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top