lamurionline,com -- Aceh Besar – Indrapuri (04/02/23) Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. P5 dalam kurikulum merdeka adalah projek penguatan profil pelajar pancasila, projek ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka.



P5 adalah proyek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan indonesia. P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif. Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat,mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila dan di program P5 ini mendukung visi tersebut.

SMP Negeri Ali Hasjmy melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang dan Wisata Ie Suum dengan tema TAMBAH (Tanamkan Kepedulian Akan Sampah). Pada kesempatan ini siswa diajak untuk peduli terhadap sampah mulai sejak dini kemudian juga dibekali dengan diberikan materi tentang pengelolaan sampah dan pengenalan sampah-sampah baik itu organik, non-organik dsbg. Dari kegiatan tersebut siswa langsung didampingi oleh sejumlah guru dan Kepsek SMP Negeri Ali Hasjmy.


Setelah berkunjung ke TPA, selanjutnya siswa melakukan kunjungan ke wisata Ie Suum (Wisata Air Panas) yang berada di wilayah Krueng Raya Aceh Besar. Pada kesempatan ini tim P5 SMP Negeri Ali Hasjmy mengajak siswa untuk melihat langsung bagaimana wisata yang dikunjungi ini bebas dari sampah-sampah dan juga dihiasi dengan alam yang sangat indah dengan pemandangan hijaunya karena wisata ini berdekatan dan dikelilingi oleh daerah pergunungan yang masih sangat asri dan alami. Tampak seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini mulai dari awal sampai dengan akhir di bawah bimbingan sekalian guru dan Kepsek SMP Negeri Ali Hasjmy.

Fakhruddin, S.Ag., MA selaku Kepala Sekolah SMP Negeri Ali Hasjmy saat ditemui awak media ia menyampaikan bahwa “Kegiatan P5 ini sudah kita terapkan sejak semester ganjil lalu dan berkelanjutan sampai semester genap sekarang namun dalam hal penerapan ini kita masig menerapkannya hanya untuk kelas VII dulu, ini tentunya ada perubahan-perubahan yang signifikan dalam proses dunia pendidikan baik bagi anak atau untuk guru itu sendiri. 

Kita berharap semoga program P5 Kurikulum Merdeka yang telah dicanangkan ini dapat bermanfaat serta menjadi nilai jual khususnya bagi Pendidikan Indoesia itu sendiri. Juga di samping itu kita semua berharap semoga kegiatan hari ini juga dapat memberi manfaat bagi anak-anak didik kita. (Pungkasnya). (Muzaris)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top