lamurionline.com -- Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, anggota DPRK Aceh Besar H Mustafa Ishak beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan panen kacang tanah di Kota Jantho, Jum’at (10/3/2023) sore.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP. MM mengatakan bahwa semua kita bersyukur hari ini bisa melakukan panen kacang tanah perdana bersama para kepala OPD di Kecamatan Kota Jantho.

“Alhamdulillah kita bisa melakukan panen kacang dan ini merupakan bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan,” ujarnya.

Iswanto menyampaikan ini menunjukkan bahwa alam dan tanah Aceh Besar sangat luar biasa dan bisa ditanami seluruh tanaman apa saja, Penanaman kacang tanah yang diinisiasi Dinas Pertanian Aceh Besar juga bentuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Besar.

“Alam kita sungguh luar biasa, apa saja yang kita tanami akan tumbuh, dan dengan alam yang kita miliki, Insya Allah cukup untuk mendukung ketahanan pangan Aceh Besar,” ungkapnya.

Untuk itu, Iswanto berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Aceh Besar terutama kepala OPD supaya memberikan contoh dengan menggunakan lahan kosong, pekarangan-pekarangan baik dikantor maupun dirumah dan sebagainya, supaya lahan-lahan yang masih kosong agar digunakan minimal untuk penompang hidup sehari-hari.

“Tetap semangat, panen kacang tanah ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk ketahanan pangan dan pengendalian inflasi yang sedang terjadi saat ini,” pungkas Iswanto.

Sementara itu Anggota DPRK Aceh Besar H. Mustafa Ishak menyampaikan apresiasi dan rasa syukur juga dimana panen kacang tanah di Kota Jantho merupakan Kecamatan pertama yang melakukan panen kacang tanah pertama.

“Alhamdulillah, hari ini kita diberikan kesempatan untuk melakukan panen kacang perdana di Kota Jantho Aceh Besar, semoga di lain waktu kita bisa panen di daerah lain di Aceh Besar,” tutur Mustafa Ishak.

Sedangkan, Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP MSi, menyampaikan bahwa tanam kacang di lahan kosong dan juga pekarangan merupakan upaya pihaknya membudayakan menanam. ”Kita bertekad akan terus mengembangkan sektor Pertanian di Aceh Besar, karena ini sesuai dengan tekad semua kita untuk terus kembangkan usaha pertanian di masyarakat,” demikian Jakfar.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top