lamurionline.com - Aceh Besar -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar melalui seksi bimas Islam dan penyelenggara Zakat dan Wakaf, selasa (20/6) menggelar 3 kegiatan pembinaan keagamaan di Lhoong, sebuah kecamatan di kawasan barat Aceh Besar dan salah satu daerah yang terjauh dari Kota Jantho.

Acara yang di pusatkan di Gedung UDKP dan kantor KUA Lhoong di buka oleh Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg, dengan jenis kegiatan Rapat Kordinasi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Aceh Besar, Bimbingan Teknis e-Wakaf untuk PPAIW/Nazhir Wakaf dan pengumuman para juara Penyuluh Agama Award 2023.

Di pilihnya Lhoong sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Kemenag Aceh Besar untuk meningkatkan perhatian terhadap kawasan terpencil.

Dalam sambutannya H Salman SPd MAg menyampaikan bahwa revitalisasi KUA menjadi agenda penting Kemenag RI.

"Ini era bangkitnya KUA ke seluruh negeri, termasuk alokasi anggaran SBSN banyak disalurkan ke KUA, agar pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat.

Menurutnya, terwujudnya revitalisasi KUA yang baik tentu butuh peran penghulu dan penyuluh agama. Melalui program revitalisasi, KUA dituntut ikut serta dalam pemberdayaan ekonomi, termasuk pemberdayaan zakat dan wakaf.


"Tugas dan layanan KUA harus lebih berkualitas dan mencakup 12 tupoksi KUA. 

Termasuk peran KUA harus pro aktif dalam berbagai layanan keagamaan, termasuk dalam hal isbat nikah dan pencegahan stunting. 

Selain itu, Salman menyebutkan Penyuluh Agama berperan maksimal untuk pemberantasan buta aksara Alquran bagi anak anak dan masyarakat pada umumnya. 

Kondisi Aceh saat ini sangat memprihatinkan,banyak generasi muda dan orang dewasa yang tidak mampu membaca Alquran.

"Mereka perlu dibina, jangan hanya fokus pada kajian tinggi dan orang-orang yang sudah bisa mengaji, sementara anak-anak yang belum mampu baca Quran masih banyak," ujarnya.

Pada akhir sambutan, H Salman mengucapkan selamat pada penyuluh agama yang meraih Penyuluh Award Kemenag Aceh Besar 2023, terus meningkatkan kompetensi. Harapannya ke depan semakin banyak yang ikut penyuluh award sebagai bukti aktifnya penyuluh di lapangan.

Adapun para juara penyuluh award tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 yaitu

Kategori penyuluh PNS juara 1 Syathriah SAg MAg (Darul Imarah) juara 2 DR Tarmizi M Daud MAg (Lhoknga) dan juara 3 Rahayu STh (Peukan Bada).

Kategori penyuluh Non PNS Juara 1 Amiruddin SHi (Krueng Barona Jaya), juara 2 Baihaqi SPd MSi (Sukamakmur) dan juara 3 Sri Meutia SPd (Peukan Bada).

Turut hadir pada acara tersebut Kasi Bimas Islam H Akhyar SAg MAg, sub kordinator pemberdayaan zakat wakaf Kanwil Kemenag H Nasrullah SAg, analis kepegawaian Ayatullah SE, mewakili penyelenggara zakat wakaf Ikhsan SE dan Camat Lhoong Drs Rauza Das.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top