Oleh: Juariah Anzib, S.Ag

Penulis Buku Menapaki Jejak Rasulullah Dan Sahabat


Geupay adalah gerakan yang dibentuk sekelompok kaum ibu Drah muslimah di dayah Thalibul Huda Bayu Lamcot Banda Aceh. GEUPAY kepanjangan dari Gerakan Ummahat Penyantun Anak Yatim. Gerakan ini bertujuan mengajak calon-calon penghuni surga mengumpulkan dana untuk  membantu anak yatim yang ada di dayah Thalibul Huda. 

Jika diartikan secara bahasa, maka Geupay memiliki makna sejumput. Artinya menyumbang dalam jumlah kecil namun memiliki nilai yang sangat besar. Karena jika kita berinfak sejumput demi sejumput maka lama-lama akan menjadi segudang.  

Islam tidak menyulitkan  umatnya beramal shalih. Tidak memaksa bagi yang kurang mampu dan tidak pula mendesak bagi yang melarat. Akan tetapi seikhlasnya saja sesuai kemampuan yang dimiliki. Namun demikian semakin sering kita beramal akan semakin banyak tabung amal yang akan kita peroleh ketika sudah berada di alam barzah dan akhirat nanti. 

Gerakan sosial yang dikoordinir langsung oleh Abi Hasbi Albayuni selaku pimpinan dayah ini mendapat sambutan hangat dari peserta pengajian kaum ibu. Tidak sedikit diantara mereka yang berinfak secara sukarela dan ketulusan hati. 

Gerakan mulia ini diketuai oleh seorang ibu muda bernama Israwati yang berprofesi sebagai dokter di rumah sakit jiwa Aceh. Tak kalah menariknya, para tim penggerak menjadi model utama sebagai penyumbang. Mereka  memotivasi rekan pengajian lain agar ikut berinfak bersama menjadi tabung amal. Daya tarik ini memberi semangat dalam beramal shalih sebagai investasi akhirat. 

Menurut informasi yang saya peroleh dari wakil ketua GEUPAY Nur Saadah, gerakan ini baru berjalan beberapa bulan saja. Akan tetapi sudah berhasil menyalurkan dana infak yang dapat membantu kaum lemah. 

Informasi terakhir yang saya dapat dari grup GEUPAY (15 Juli 2023),  jumlah donasi infak yatim yang terkumpul saat ini berjumlah Rp 30.778.000. Jumlah yang bukan sedikit, meskipun tidak terlalu banyak. Sedangkan yang sudah disalurkan sebesar 18 juta rupiah, Alhamdulillah. 

Adapun yatim yang mendapatkan dana bantuan infak ini diutamakan kepada yatim yang ada di dayah Thalibul Huda. Sedangkan yatim yang di luar dayah masih dalam perencanaan jika GEUPAY semakin berkembang nanti. 

Untuk menjalankan gerakan ini tentu membutuhkan perencanaan yang matang.  Kemuliaan hati dan ketulusan jiwa sebagai modal utama. Kerja keras dan pemikiran serius sangat dibutuhkan. Oleh karenanya dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan demi keberhasilan gerakan ini.

Tim penggerak GEUPAY, telah bersusah payah membentuk gerakan calon ahli surga ini. Mari bersama-sama ikut bergabung dan berinfak membantu anak yatim yang membutuhkan uluran tangan para donatur. Sekali kita berinfak, maka Allah akan melipat gandakan pahala yang tidak terhitung jumlahnya. Bagai menanam satu biji yang akan tumbuh menjadi tujuh tangkai. Dalam satu tangkai akan tumbuh seratus biji. Demikian sabda Rasulullah saw. Begitu besar pahala yang akan diperoleh para donatur. 

Bagi para dermawan yang ingin berinfak di gerakan ini, boleh mengirimkan infaknya melalui no.Rek. BSI. 7220095217, atas nama Israwati atau Nurlaili. Dan  boleh secara langsung di hari pengajian kepada pengurus GEUPAY. 

Semoga gerakan mulia ini dapat menuntun kita menuju surganya Allah secara bersama-sama. Jika saya tidak ada di surga nanti, tolong pertanyakan, bahwa kita pernah bersama-sama dalam kebaikan dan amal shalih. Insya Allah kita berada dalam ridha-Nya.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top