LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Majelis Pendidikan Derah (MPD) Kabupaten Aceh Besar kembali melaksanakan penguatan Komite Sekolah untuk tahap ketiga yang dilaksanakan di Aula SMP Peukan Bada, dengan jumlah peserta 120 orang dari unsur Komite Sekolah/Madrasah dan Kepala Sekolah/Madrasah di 7 Kecamatan. Demikian disampaikan Ketua Panitia, Ramzi, kepada media ini, Sabtu (22/7).

Ketua MPD Aceh Besar Prof. Mustanir, yang diwakili Wakil Ketua Drs Abu Bakar MSi, dalam sambutan dan arahannya menyampaikan tentang bahaya LGBT, penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, kecanduan memakai HP, game online dan medsos negatif lainnya,  kerusakan moral akibat Proxy War, dan lain sebagainya adalah tugas bersama untuk memastikan anak-anak terselamatkan. 

Abu Bakar menyampaikan pihak sekolah dan unsur orang tua siswa, Komite Sekolah dan Dinas Pendidikan harus pro aktif untuk membantu mengatasi persoalan ini secara bersama sama, sehingga terbebas dari segala pengaruh negatif lingkungan yang sangat berbaya tersebut.

Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi dalam sambutannya mewakili Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM menyampaikan agar seluruh stakeholders pendidikan dapat bekerja all out untuk kemajuan dunia pendidikan di Aceh Besar.  \

"Kita harus siap dan bekerja ekstra untuk memajukan dunia pendidikan di Aceh Besar" ungkap Sulaimi. 

Pak Sekda melanjutkan, terkait pendidikan di Aceh Besar, dimasa Bupati Ir Mawardi Ali dan Dr Silahuddin selaku Kepala Dinas Pendidikan, serta keterlibatan aktif MPD Aceh Besar telah   melahirkan Qanun SPT dan Qanun Satu Gampong Satu Hafidh. 

"Untuk SPT di sekolah SD dan SMP, dan untuk Satu Gampong Satu Hafidh di Pesantren Fauzul Kabir Kota Jantho, yang pendanaan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar. Kedua Program ini perlu dikawal bersama, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu perlu diciptakan sekolah atau lembaga pendidikan yang mampu mewujudkan cita-cita mulia tersebut" ujar Sekda Sulaimi.

Kegiatan penguatan Komite Sekolah/Madrasah ini diisi dua orang pemateri, yaitu Dr Silahuddin MAg dengan materi Penguatan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dan Sosialisasi Pemilihan Komite Sekolah/Madrasah Berprestasi. 

Silahuddin menyampaikan keterlibatan masyarakat sangat penting artinya dalam pembangunan pendidikan, dan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Aceh Besar dalam hal ini adalah dengan mendukung kegiatan seleksi komite sekolah berprestasi tahun 2023. 

"Untuk majunya pendidikan, maka wajib masyarakat terlibat aktif dan dukungan dari pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan" ungkap Silahuddin.

Pemateri kedua Drs Abubakar MSi dengan materi Kedudukan, Tugas dan Fungsi Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Abubakar menyampaikan tentang pentingnya pendidikan karakter dan besarnya pengaruh keluarga dan lingkungan dalam pembangunan karakter anak. 

"Keluarga dan lingkungan punya peran besar dalam membangun karakter anak" ungkap Abubakar.

Untuk diketahui, Penguatan Komite Sekolah/Madrasah adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh MPD dalam memperkuat keberadaan masyarakat guna mendukung perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Aceh Besar.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top