*Usai 4 tahun vakum


LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke IV tingkat Kecamatan Indrapuri secara resmi dibuka oleh Camat Indrapuri, Irda Junaid SE MM, disaksikan masyarakat dan tokoh kecamatan setempat. MTQ dilaksanakan di Masjid Besar Abu Indrapuri selama 6 hari mulai 18 - 23 Juli 2022

Dalam laporan ketua panitia, Mahya Zakwan SAg menyampaikan, cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini meliputi Tartil Qur'an putra putri yang diikuti 17 peserta, Tilawatil Qur'an golongan anak-anak putra putri yang diikuti 17 peserta, Tilawatil Qur’an golongan remaja putra putri 13 peserta, Tilawatil Qur’an golongan dewasa putra putri 9 peserta, I juz dan tilawah putra dan putri 19 peserta, 5 juz dan tilawah putra dan putri 6 peserta, 10 juz putra dan putri 4 peserta, 20 juz putra 2 peserta, Fahmil Quran Putra diikuti 5 kafilah kemesjidan, Fahmil Qur’an Putri diikuti 10 kafilah kemesjidan, Syarhil Quran Putra 2 kafilah, Syarhil Quran Putri 9 Kafilah, Khat Naskah 6 peserta, Azan 13 peserta dan Khutbah Jumat 10 peserta.

“Total ada 15 cabang lomba yang akan diperlombakan di MTQ ini yang diikuti sekitar 150 peserta dari 13 kemesjidan yang ada di 52 Desa di Kecamatan Indrapuri” ujar Mahya.

Kegiatan MTQ ini sebut Mahya terlaksana berkat dukungan berbagai pihak, terutama dukungan donatur dari 52 Keuchik Gampong yang ada di Kecamatan Indrapuri. Sebab itu, Mahya yang juga menjabat sebagai Ketua Apdesi Kecamatan dan Imum Mukim Reukih ini menyampaikan terimakasih kepada para Keuchik Gampong dan para donatur lainnya hingga pelaksanaan kegiatan MTQ sukses. 

“Di sini kita melihat Keuchik di kecamatan Indrapuri tidak hanya membangun desa, namun juga punya keinginan untuk membangun kecamatan secara bersama-sama. Semoga Indrapuri bidsa melahirkan kader-kader yang bisa berkiprah di nasional dan internasional” sebut Mahya.

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Indrapuri, Akhi Fakrizan menyampaikan apresiasi dan terimakasih untuk seluruh donatur dan sponsor kegiatan. 

“Kita ingin membangun kembali kejayaan qari-qariah dan hafiz-hafizah di Kecamatan Indrapuri. Selama ini kita vakum usai pelaksanaan MTQ Kecamatan tahun 2018, sejak saat itu sudah langka para qari yang muncul dari kecamatan Indrapuri. Inilah keinginan kami dan kita bersama menghidupkan kembali MTQ Kecamatan sekaligus melahirkan kader qurani” tegas Akhi Fakrizan

Akhi Fakrizan juga merencanakan tahun 2024 sebelum pelaksanaan MTQ ke V ditingkat kecamatan, akan digelar pelaksanaan MTQ tingkat gampong atau kemesjidan yang dilanjutkan dengan pelaksanaan MTQ tingkat kemukiman. Hal ini sebut Akhi Fakri untuk mencari qari-qariah dan menggenjot para peserta untuk tampil di MTQ tingkat Kabupaten yang rencananya di gelar tahun 2025 nanti. 

“Mohon dukungan seluruh stakeholder dan para wakil rakyat yang hadir, saat kita membuat pembinaan secara kontinyu. Mininal Indrapuri tidak keluar dari sepuluh besar. Tujuan kita adalah untuk generasi ke depan” harap Akhi Fakrizan.

Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM menyampaikan rasa bangganya atas pelaksanaan MTQ ke IV ini berkat keras panitia dan LPTQ kecamatan.  

“MTQ pada tahun ini dilaksanakan sesederhana mungkin tetapi diharapkan bisa memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Kepada para peserta terus berlatih dan belajar agar dapat mengharumkan Kecamatan Indrapuri di MTQ tingkat kabupaten nantinya. Kepada Dewan Hakim, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ucapnya.




Sebelumnya sebut Irda Junaidi, kecamatan juga sudah melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ). Irda Junaidi berharap masyarakat dan para tokoh sama-sama menyelamatkan para generasi sebagai kader pemimpin ke depan. 

“Jika kita maksimal melakukan sesuatu tentu hasilnya juga maksimal” ujar Camat Indrapuri yang secara resmi membuka kegiatan MTQ ke-IV Tingkat Kecamatan Indrapuri.

Adapun Dewan Hakim yang bertugas pada MTQ ini, yaitu tim dari Forum Ukhuwwah Qari dan Hafizh Aceh (FUQAHA) yaitu, Ustad T Mardhatillah SHI MH, yang turut menyampaikan tata cara dan aturan bagi peserta sebelum pelaksanaan MTQ. 

Turut hadir dalam agenda pembukaan Muspika Plus, para imum mukim, imam masjid, imam meunasah, sejumlah anggota dewan dan wakil rakyat, para Keuchik, BKPRMI/Remaja masjid, Ippemindra, Forum Ukhuwwah Indrapuri, KUA, Apdesi/Forum Keuchik, Ketua Formas Indrapuri serta para tokoh masyarakat Indrapuri. 

Setelah pembukaan kegiatan langsung dilanjutkan dengan perlombaan Musabaqah Tilawah Al-Quran golongan dewasa. 

“Insyaallah pada Rabu 19 Juli 2022 akan dilanjutkan dengan cabang-cabang lainnya. Semoga kegiatan berjalan aman dan lancar hingga penutupan setelah salat Isya di arena utama MTQ,” harap T Mardhatilah.

Reportase: Cek Abrar/Cek Man

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top